Kisah Inspiratif: Tikus dan Singa
Rabu, 28/03/2018 - 09:02 WIB
images-artikel/kecil/6e9583e39d707d3958f63a9dd078fb62--aesop-s-fables-abc-mouse.jpg
Sumber: bing,com
 
 
Jakarta -

Alkisah, di sebuah hutan ada seekor tikus yang tengah berlarian. Namun, perilakunya tersebut membangunkan singa lapar dari tidurnya. Terang saja, singa murka karena tidurnya telah diganggu makhluk lemah dan tak berarti, tikus. Perut singa yang lapar langsung buas memandangi tikus di dahapannya dan hendak seketika memangsanya. Namun, tikus memohon dengan pilu, 


"Wahai Raja Hutan, tolong jangan mangsa aku! Biarkan aku hidup dan bebas berkeliaran, tapi aku janji tak akan mengusikmu lagi. Jika engkau menyelamatkan hidup saya, maka saya akan membalas kebaikanmu wahai makhluk perkasa," ucap tikus. 


Mendengar permohonan tikus, singa terbahak-bahak meremehkan. Tapi toh ia tetap membebaskan makhluk hitam tersebut. Dalam hatinya, ia tak akan kenyang memangsa makhluk itu. Ia butuh santapan gemuk berdaging tebal. Saat singa tengah menggumam itulah, tiba-tiba jaring besar mengurung singa. Rupanya itu adalah milik pemburu dari kota. Benar saja, tiga orang pemburu langsung tertawa lepas. Singa mengaum ketakutan. Ia tak mau mati sia-sia di tangan para pemburu. Singa terus mengaum menunjukkan tanda bahaya tengah mengancamnya! 


Dari kejauhan, tikus yang baru saja mengumpulkan bahan makanan mendengar auman singa. Tikus berpikir itu bukanlah auman biasa. Pasti terjadi sesuatu pada diri singa. Tikus berlarian mencari sumber suara. Beruntung, tikus langsung menemukan sebab mengapa singa mengaum begitu keras. Tikus langsung ingat pada janjinya untuk membalas kebaikan si Raja Hutan. Seketika, digigitnya sedikit demi sedikit jaring yang menjerat Singa. Perlahan tapi pasti, jaringnya lepas! Singa pun berhasil kabur dan melukai salah satu pemburu. 


Sobat Souja, 

Jangan pernah melebeli seseorang dari penampakan luarnya saja, pun demikian tak elok untuk meremehkan orang lain. Cerita di atas jadi contoh, bahwa makhluk sekecil tikus rupanya bisa menyelamatkan nyawa Raja Hutan. 


Sumber: disadur ulang dari dongeng The Lion and Rat www.moralstories.org

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Minggu, 01/04/2018 - 10:03 WIB
Minggu, 01/04/2018 - 10:05 WIB
Senin, 02/04/2018 - 17:30 WIB
Sabtu, 14/04/2018 - 09:07 WIB
Sabtu, 14/04/2018 - 09:05 WIB