Lagu Daerah Indonesia Juara Dunia di Malaysia
Selasa, 24/02/2015 - 08:24 WIB
images-artikel/kecil/sabah.png
Sumber: sikk.edu.my
 
 
Jakarta -

Sudah seharusnya memang kita melestarikan warisan budaya leluhur untuk anak cucu. Di era modernisasi seperti ini banyak anak-anak yang hidup dalam ketidaktahuan akan budaya Indonesia. Lagu-lagu daerah yang dulu umumnya menjadi mata pelajaran wajib, kini lambat laun dihilangkan. Tak ada lagi nyanyian merdu dari anak-anak yang menembangkan lagu daerah.
 

Anak-anak dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) menghadirkan wajah berbeda. Sejumlah anak dalam yayasan ini menampilkan budaya seni Indonesia di ajang kompetisi internasional yang diadakan di Malaysia.

   

Lagu `Yamko Rambe Yamko` asal Papua ini membawa sejumalah anak diantaranya Muhammad Khairul Bin Haruna, Jaswan Bin Bahar, Agustinus, Fauzan Hafiz, dan Alfian Subano, melenggang menjadi juara pertama.

 

Dibawah arahan Rahmadi Diliawan dan Shelya Regina selaku pembina kontingen lomba ini, para siswa SIKK dapat menyajikan sebuah penampilan menarik dengan memadukan alat musik angklung, ukulele keroncong, pianika, dan jimbe. Rahmadi Diliawan mengatakan bahwa alat musik angklung dan ukulele keroncong sengaja dipilih karena memiliki kekhasan musik rakyat yang sangat kental, “Kekhasan angklung dan ukulele keroncong yang digabungkan dengan berbagai alat musik lain merupakan senjata utama kami dalam lomba iniĀ ungkapnya.

 

Seperti yang dikutip dari sikk.edu.my, Dadang Hermawan selaku Kepala SIKK mengatakan bahwa kemenangan ini dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia di Sabah, dan menghimbau mereka untuk terus menggeluti kesenian-kesenian khas Indonesia, Kemenangan anak-anak Indonesia di ajang International Cultural Carnival ini merupakan sebuah bukti bahwa kesenian rakyat Indonesia memiliki nilai yang sangat berharga dan sangat penting untuk terus digeluti dan dikembangkan oleh generai muda ungkapnya..

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/02/2019 - 09:32 WIB
Kamis, 07/02/2019 - 09:17 WIB
Jumat, 01/02/2019 - 09:33 WIB