Beberapa waktu belakangan, di supermarket maupun pasar " />
Mangga: Si Manis yang Kaya Gizi
Sabtu, 01/11/2014 - 10:01 WIB
images-artikel/kecil/mangga.jpg
Sumber: forces.lk.ipb.ac.id
 
 
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan, di supermarket maupun pasar tradisional pasti Sobat akan sering menemui buah mangga . Yap, di musim pancaroba seperti ini memang buah mangga melimpah ruah. Tak heran jika harganya pun menjadi relatif lebih murah. Mangga atau yang disebut juga sebagai mempelam merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam marga Mangifera, terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Selain banyak disukai oleh banyak orang, buah mangga juga mempunyai rasa yang begitu enak dan manis. 

Tahukah Sobat jika dalam 1 buah mangga ada manfaat yang sangat melimpah, tak hanya buahnya tetapi kulitnya pun berkhasiat loh untuk tubuh. Mau tahu? Simak manfaat mangga berikut ini!

Manfaat Buah Mangga

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dan vitamin A yang berlimpah pada buah mangga, serta 25 jenis karotenoid yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat. Rutin mengonsumsi mangga setidaknya 3 buah per pekan akan mencegah berbagai macam penyakit dan infeksi serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Menurunkan kadar kolesterol dan menormalkan kadar insulin
Kandungan serat yang tinggi serta zat pectin dan vitamin C dalam buah mangga diketahui sangat ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol, terutama kolesterol buruk yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, buah mangga pun mengandung index glycemix yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Mencerahkan kulit
Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit. 

Antioksidan dan pencegahan kanker
Beberapa zat antioksidan yang terkandung di dalamnya antara lain quercetin, isoquercetin, astragalin, fisetin, gallic acid dan methylgallat. Senyawa antioksidan yang terdapat pada buah mangga ini cukup efektif dalam mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari zat-zat oksidasi yang dihasilkan oleh tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Satu cangkir mangga yang telah dipotong-potong dapat memberikan 25 persen asupan vitamin A dalam sehari. Sehingga dengan mengkonsumsi mangga dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kebutaan serta mata kering.

Melancarkan sistem pencernaan
Buah mangga mengandung enzim untuk mengolah protein. Serat yang terdapat dalam buah mangga juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan. 

Mencegah anemia
Buah mangga dapat mengobati anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi sangat berguna untuk mengatasi anemia.

Menjaga Ingatan
Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Senin, 03/11/2014 - 09:24 WIB
Selasa, 04/11/2014 - 18:10 WIB
Jumat, 21/11/2014 - 10:12 WIB
Jumat, 07/11/2014 - 17:00 WIB
Sabtu, 01/11/2014 - 10:01 WIB
Kamis, 20/11/2014 - 09:51 WIB