Marissa Ann Mayer: Sosok Cantik Dibalik Kesuksesan Google dan Yahoo
Kamis, 11/09/2014 - 15:53 WIB
images-artikel/kecil/Marissa_Mayer3_1725x810-PAN_18852.jpg
Sumber: inc.com
 
 
Jakarta -

Pemimpin maupun eksekutif sebuah perusahaan sukses di dunia tidak selalu didominasi oleh pria. Tidak sedikit kaum wanita yang berhasil sebagai pengusaha maupun eksekutif, bahkan di usia yang masih muda. Salah satu diantaranya adalah Marissa Ann Mayer, seorang Chief Executive Officer (CEO) perusahaan raksasa internet, Yahoo Inc!


Perempuan cantik ini lahir pada 30 Mei 1975  di Wausau, Wisconsin, Amerika Serikat dari pasangan Michael Mayer (seorang insinyur) dan Margaret Mayer (seorang guru seni keturunan Finlandia). Menghabiskan masa kecil di kampung halamannya hingga lulus dari Wausau West High School pada 1993, Mayer pun ditunjuk oleh gubernur Wisconsin Tommy Thompson sebagai satu dari dua delegasi negara bagian tersebut untuk National Youth Science Camp di West Virginia, tidak dipungkiri Margaret memang berotak encer serta memiliki kemampuan komunikasi di atas rata-rata. 


Mayer berhasil lulus dengan dengan predikat cumlaude dari Universitas Stanford menyandang B.S. dalam sistem simbolik dan M.S. dalam ilmu komputer. Kedua gelar tersebut diperolehnya dengan mengambil spesialisasi dalam kecerdasan buatan. Ia kemudian bergabung dengan laboratorium penelitian UBS (Ubilab) di Zurich, Swiss, dan SRI International di Menlo Park, California. 


Pada 1999, Mayer bergabung dengan Google sebagai karyawan ke-20 dan menjadi insinyur wanita pertama di perusahaan itu. Selama 13 tahun bekerja di sana, ia menjabat sebagai insinyur, desainer, manajer produk, dan eksekutif. Mayer memegang peran penting dalam pengembangan Google Search, Google Images, Google News, Google Maps, Google Books, Google Product Search, Google Toolbar, iGoogle dan Gmail. Ia juga merancang tampilan laman utama pencarian Google yang sederhana. Pada tahun-tahun terakhirnya di Google, ia menjabat sebagai Wakil Presiden Layanan Lokal, Peta, dan Lokasi dan sebelumnya sebagai Wakil Presiden Produk Pencarian dan Pengalaman Pengguna.


Kecerdasan dan tangan dingin Mayer sangat tersohor ke seluruh dunia, terutama di kalangan sesama perusahaan internet dan digital. Akhirnya, pada tanggal 16 Juli 2012 Mayer ditunjuk sebagai Presiden dan CEO Yahoo!, Ia juga menjadi anggota dewan direktur perusahaan tersebut. Baru beberapa tahun menduduki posisinya, Mayer sudah diganjar predikat sebagai CEO termuda yang memimpin sebuah perusahaan Fortune 500 melengkapi prestasinya selama berkarier di Google, diantaranya masuk dalam daftar tahunan 50 Wanita Pebisnis Terkuat versi majalah Fortune selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2008-2011.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/02/2019 - 09:32 WIB
Kamis, 07/02/2019 - 09:17 WIB
Jumat, 01/02/2019 - 09:33 WIB