Mengenal Sosok Pangeran Diponegoro Lewat Pameran
Selasa, 20/01/2015 - 13:40 WIB
images-artikel/kecil/Pameran_Aku_Diponegoro_di_Jakarta.jpg
Sumber: acara-acara.com
 
 
Jakarta -

Siapa yang tidak mengenal Pangeran Diponegoro. Sosok pahlawan yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdakaan Indonesia. Bahkan, pahlawan yang memiliki nama asli ini Raden Mas Antawirya ini sempat memimpin perang Diponegoro / Perang Jawa melawan Belanda pada tahun 1825 -1830.

Nah, untuk mengenang dan mengingat jasa-jasa beliau terhadap bangsa, diselenggarakanlah sebuah pameran Aku Diponegoro “Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa”. Acara yang bertujuan untuk membangkitkan kisah luar biasa Diponegoro (1785-1855) ini nantinya akan menggambarkan perjuangan Diponegoro lewat tangan-tangan handal para pelukis-pelukis klasik, kontemporer, dan khalayak umum. 

Pameran ini dikurasi oleh Dr. Werner Kraus, Jim Supangkat, dan Dr. Peter Carey bakal menyajikan pameran yang menghubungkan masa lalu dan masa kini. Selain itu, untuk semakin minat masyarakat, acara ini nantinya juga akan dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun. 

Pameran ini akan berpusat pada lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro (1857) hasil karya Raden Saleh yang telah direstorasi. Muncul juga karya-karya lukisan dari para seniman Indonesia, seperti Soedjono Abdullah, Harijadi Sumodidjojo, Basuki Abdullah, dan Sudjojono. Selain itu dari Srihadi Soedarsono, Heri Dono, Nasirun, dan Entang Wiharso juga turut memeriahkan pameran ini lewat karya-karya, perwakilan dari seniman kontemporer Indonesia.

Yang akan paling menarik perhatian pengunjung adalah pameran dari jubah asli Pangeran Diponegoro yang diletakkan disebuah ruangan khusus. Akan ada pula artefak peninggalan Diponegoro, seperti tombak pustaka.

Untuk informasi lebih lengkap seputar tanggal dan tempat pameran ini dapat kamu lihat di bawah ini. 
Pameran Aku Diponegoro “Sang Pangeran dalam Ingatan Bangsa”

Tanggal : 8 Februari – 8 Maret 2015
Tempat : Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta

Info lebih lanjut bisa kamu lihat di website www.akudiponegoro.com

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-