Menilik Keindahan Jakarta Tempo Dulu Lewat Kota Tua
Jumat, 16/01/2015 - 17:35 WIB
images-artikel/kecil/kota-tua-batavia.jpg
Sumber: telusurindonesia.wordpress.com
 
 
Jakarta -

Beruntung sekali Jakarta masih memiliki kawasan daerah yang sedari jaman penjajahan Belanda bangunannya masih begitu asli dan tidak ada yang mengalami perubahan yang signifikan. Ya, kawasan tersebut terletak di tepi timur Sungai Ciliwung, apalagi kalau bukan Kota Tua


Tempat yang dulu bernama Batavia Lama atau Oud Batavia ini hingga kini masih memili pesona yang berbau-bau vintage. Apalagi hal tersebut begitu kental terasa lewat bangunan-bangunan tua yang sama sekali tidak dirubah. Sangat pas sekali buat kamu yang mau ngerasai Jakarta tempo dulu. 


Tapi, tau gak sih sobat souja kalo ternyata kawasan Kota Tua ini sudah terkenal sejak abad ke-16 lho. Hal itu dikarenakan saat itu Kota tua dijadikan sebagai tempat keluar masuknya para pelayar dan pedagang dari Eropa. Bukan hal aneh, pasalnya pelabuhan sunda kelapa deket banget dari kawasan Kota Tua ini. Jadi, setiap berlabuh di pelabuhan, para pedagang tersebut asyik beristirahat di rumah-rumah yang berada di sekitar kawasan Kota tua.


Bahkan, seorang pelayar Inggris bernama James Cook sempat menjuluki tempat ini sebagai “The Pearl of Orient” yang artinya Mutiara dari timur. Saat itu pemerintah Belanda juga mendesain tempat ini semirip mungkin dengan ibu kota Belanda, Amsterdam, dan dari situ muncul lagi julukan sebagai Ratu dari Timur atau bahasa Belandanya “Koningen van Oosten”. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Belanda, di Jakarta ada miniaturnya kok.


Luas daerahnya yang mencapai sekitar lebih dari 139 hektar. Kemudian, diperluas lagi menjadi 846 hektar yang meliputi wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, dan Pecinan Glodok. Tapi wilayah sentralnya tetap berpusat di bangunan balaikota atau Museum Fatahillah.


Beruntung banget yah, sampai saat ini bentuk-bentuk bangunan berciri khas Eropa masih kental terasa di wilayah Kota Tua. Jadi gak sangsi deh kalo kawasan Kota Tua menjadi spot wajib yang harus kamu kunjungi di Ibukota. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-