Nicky Minaj Hadapi Tuntutan Kasus Plagiarisme!
Jumat, 26/10/2018 - 11:29 WIB
images-artikel/kecil/unnamedNickyMinaj.jpg
Sumber: Bing.com
 
 
Jakarta -

Isu plagiarisme kembali menerpa musisi kondang dunia. Kali ini, giliran Nicky Minaj yang dirundung masalah. Dilansir Billboard pada Kamis (25/10), musisi dan penulis lagu Tracy Chapman menggugat Nicki terkait lagu baru sang rapper bersama Nas yang bertajuk Sorry. Tracy mengklaim bahwa Nicki telah menggunakan lirik dan melodi lagu miliknya, Baby Can I Hold You yang dirilis pada tahun 1988 silam tanpa izin darinya. Mengutip Wowkeren, pengacara Tracy Chapman, Lee Phillips, mengatakan bahwa pihak Nicki beberapa kali meminta lisensi untuk lagu itu. Namun Tracy mengungkap bahwa ia telah berulang kali menolak pengajuan izin penggunaan sampel lagunya untuk Sorry.


"Tracy Chapman sangat melindungi haknya dan dia memiliki hak untuk menolak lisensi ketika diminta. Dalam lagu Sorry, Nicki menggunakan lirik lagu sampel Baby Can I Hold You" ungkap sang pengacara. 


Lebih jauh, Nicki mengabaikan dan sengaja melanggar hak Tracy di bawah Undang-Undang Hak Cipta setelah timnya tidak memberikan persetujuan untuk menggunakan lagu itu. Sebelumnya, Nicki memang sempat mengungkap tentang keinginannya untuk menggunakan sampel lagu Tracy ini sebelum album Queen dirilis, bahkan rela memundurkan jadwal rilis album barunya itu. Namun rupanya usahanya gagal, sehingga akhirnya Queen pun tidak menyertakan Sorry sebagai bagian dari materinya. Menariknya, Tracy sendiri juga sempat dibully oleh para fans Nicki karena tidak bersedia untuk memberikan izin penggunaan Baby Can I Hold You.


Wah, sepertinya rumit ya Sobat. Penasara seperti apa kemiripan lirik di lagu Sorry dan Baby Can I Hold You? Simak melalui link berikut ini https://youtu.be/wzIE3mRFypQ dan https://youtu.be/l5EftG1WUG0. 

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-