Nikmati Batu Kapur Twelve Apostles di Australia!
Jumat, 16/03/2018 - 23:47 WIB
images-artikel/kecil/twelve-apostles_20161209_210134.jpg
Sumber: TribunTravel.com - Tribunnews.com
 
 
Australia -

Hai sobat souja! Jalan-jalan ke Australia memang banyak destinasi liburan yang bisa disambangi. Hal ini tak lepas dari banyaknya negara bagian di benua itu. Tak hanya Sydney, Negeri Kanguru ini punya sejumlah wilayah lain yang harus dijadikan tempat wisata.


Kawasan Victoria misalnya, di sana ada satu objek wisata alam terkenal di dunia dengan keasliannya. Yakni, Twelve Apostles. Yaitu sebuah deretan batu kapur yang berdiri tegak menyerupai karang dan berada di sekitar pantai.


Twelve Apolstles begitu terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Namanya tersohor karena adanya sejumlah fakta unik dan keren, sehingga tak sedikit wisatawan yang penasaran dan memasukannya ke dalam itinery liburan mereka. Penasaran? Berikut fakta unik dari Twelve Apostles yang perlu Anda ketahui:


Berada di atas Antartika


Jika melihat dari peta, lokasi Twelve Apostles terletak di atas Antartika. Tepatnya di Port Camblle National Park di Great Ocean Road, Victoria. Yang mana masih berseberangan dengan Pulau Tasmania. Berada di pesisir laut lepas, membuat ombak disekitarnya selalu bergulung cantik.


Batu tua ratusan tahun


Hingga kini belum ditemukan pasti kapan Twelve Apostles terbentuk. Namun para ahli memastikan bahwa batu kapur yang menyerupai karang ini sudah terbentuk ratusan tahun lalu. Sehingga menjadi salah satu peninggalan bersejarah.


Disebutkan pula, dahulu batu-batu kapur ini saling terhubung dengan daratan utama. Tetapi akhirnya saling terpisah karena terkikis ombak dan termakan usia.


Jumlahnya tidak 12


Meski bernama Twelve Apostles, namun jumlah batu kapur itu hanya 8. Hal ini tak lepas dari erosi yang terus melanda batu-batu tersebut. Tahun 2005, satu batu yang menyerupai karang setinggi 50 meterĀ  roboh karena diterjang ombak terus menerus. Diketahui, setiap tahun, pergerakan ombak mampu mengikis 2 cm isi batu.



Air Laut Dingin


Meski kawasan ini terlihat gersang, tapi air Laut di Port Camblle National Park begitu dingin. Karena, airnya langsung berasal dari Antartika. Deburan ombaknya pun berwarna putih. Semakin ciamik ketika menyapu pasir-pasir di sekitarnya.


Pemandangan perjalanan yang indah


Untuk bisa tiba di Twelve Apostles , wisatawan biasanya akan diajak menyusuri Great Ocean Road. Jalan berliku yang indah di atas bukit. Jika di Indonesia, maka gambarannya seperti Kelokan 44 di Sumatera Barat. Great Ocean Road merupakan jalan bersejarah peninggalan perang dunia ke II.


Selama perjalanan, wisatawan bakal disuguhi pemandangan laut dan bukit yang indah. Tentunya ditambah liukan jalan yang ikut memacu adrenalin.


Dengan keunikan itu, tak heran jika pada akhirnya Twelve Apostles menjadi destinasi wisata. Buat Anda yang ingin melihat langsung batu kapur tua yang besar dan merasakan dinginnya air Antartika, maka Twelve Apostles bisa jadi tempat liburan tahun ini.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Sabtu, 14/04/2018 - 09:07 WIB
Sabtu, 14/04/2018 - 09:05 WIB