Pengacara Ini Dapat Menguasai 70 Bahasa Dan Fasih 56 Diantaranya
Senin, 20/03/2017 - 09:24 WIB
images-artikel/kecil/muhamed-mesic-bosanac-koji-govori-73-jezika.jpg
Sumber: TIP.ba
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, usianya baru 32 tahun, namun sudah menjadi pengacara, ahli bahasa Hebrew dan studi budaya Jepang, konsultan sustainable development (pembangunan berkesinambungan) dan anggota dewan kota. Namun bukan itu yang membuat para ilmuwan penasaran dengan Muhamed Mesic. Mesic adalah searang pemuda jenius dalam bidang linguistik. Dia mengerti 70 bahasa dan fasih dalam 56 di antaranya.


Pria muda asal Bosnia ini menguasai puluhan bahasa, dari yang umum dipelajari seperti Inggris dan Jepang, sampai yang jarang dipakai sebagai bahasa internasional. Yang termasuk golongan terakhir ini antara lain Kinyarwanda, bahasa nasional Rwanda dan Quechua, bahasa yang digunakan oleh penduduk di Pegunungan Andes tengah. Uniknya, Mesic hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menguasai bahasa-bahasa tersebut.


Mesic menghabiskan masa kecilnya di Tuzla, Bosnia-Herzegovina, sebuah kota industri yang dulu sempat menjadi bagian dari Yugoslavia. Sejak usia dini pun, dia sudah mencintai bahasa. Namun bakatnya yang luar biasa dalam mempelajari bahasa baru diketahui orangtuanya saat Mesic berusia 5 tahun. Ketika sedang berlibur dengan keluarganya di Yunani, Mesic langsung bisa memahami pembicaraan warga lokal dan mengingatnya.


"Ini adalah pertama kalinya saya bertemu orang-orang yang bahasanya tidak saya kenali," kenang Mesic. 


"Saya bisa mendengarkan tetangga kami mengobrol dan kemudian mencari tahu artinya dari situasi yang sedang mereka hadapi. Pada akhir masa liburan, saya bisa membantu ayah saya untuk berkomunikasi dengan montir lokal yang memperbaiki mobil kami. Orang tua saya sangat terkejut."

 
 
Artikel Terkait:
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-