Penulis Naskah Doraemon Tutup Usia
Kamis, 08/01/2015 - 08:50 WIB
 
 
Jakarta -

Berita duka datang dari anime Jepang. Penulis naskah anime dan film Doraemon, Nobuyuki Fujimoto baru saja dikabarkan meninggal di sebuah rumah sakit wilayah prefektur Saitama pada 4 Januari pukul 14:25 waktu Jepang di usia yang ke-57. Sponichi memberitakan melalui Anime News Network pada Selasa (06/01/2015) bahwa mendiang telah lama menderita tumor di bagian rongga paru-parunya. Setelah berkutat dengan rasa sakit luar biasa selama beberapa tahun, akhirnya Fujimoto menyerah dan beristirahat dalam damai. 


Fujimoto, lahir di prefektur Miyagi, dan paling dikenal saat mengerjakan naskah serial televisi anime Doraemon dan film Doraemon: Nobita's the Night Before a Wedding (Malam Sebelum Pernikahan Nobita). Ia pun terlibat dalam penulisan naskah serial anime populer lain, seperti Kamikaze Kaitou Jeanne, Grander Musashi, Coral Reef Legend: Elfie of the Blue Sea, Jungle Book: Shounen Mowgli, Daddy Long-Legs, Cosmowarrior Zero, Nangoku Shounen Papuwa-kun, Yamato Takeru, dan masih banyak lagi.


Duo Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) membuat Doraemon pada 1969. Dalam kisahnya, sang kucing robot Doraemon dikirim oleh anak laki-laki bernama Sewashi dari masa depan ke masa lalu untuk membantu seorang anak bernama Nobita yang merupakan kakeknya. Nobita, dan kawan-kawannya pun menjalani kehidupan sehari-hari bersama Doraemon. Kebanyakan masalah yang unik disebabkan oleh alat-alat masa depan dari dalam kantong ajaib Doraemon. Mereka lalu memulai berbagai macam petualangan antar ruang dan waktu.
Doraemon menjadi salah satu serial anime favorit di kawasan Asia, tak terkecuali di Indonesia. Tak ayal, penayangannya sejak 1988 masih disaksikan oleh penonton tanah air sampai sekarang. Versi komik manganya secara berkala terus diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo sejak 1973.  Sementara itu, film animasi 3D pertama sang robot kucing bertajuk Stand By Me Doraemon, tayang di Indonesia sejak 9 Desember 2014. 


Rest in Peace, Nobuyuki Fujimoto! 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-