Posisi Duduk Kerja yang Benar
Jumat, 23/01/2015 - 13:24 WIB
 
 
Jakarta -

Pernahkah sobat melihat rekan kerja sekantor yang suka memijat-mijat bahunya sendiri sambil mengeluhkan pegal? Padahal mereka tidak melakukan pekerjaan berat yang menggunakan fisik? Atau apakah sobat juga sering merasa nyeri di bagian bahu? Jika ya, hal tersebut merupakan efek dari posisi duduk yang tidak benar. 


Otot trapezius adalah sekelompok otot yang memanjang dari dasar tulang tengkorak belakang hingga punggung bagian atas dan melebar ke arah tulang belikat. Kekakuan pada kelompok otot ini atau biasa disebut dengan nyeri bahu, mudah terjadi jika otot tersebut digunakan secara berlebihan untuk mempertahankan posisi bahu dan tangan. 


Hal ini paling sering terjadi karena posisi postur tubuh yang salah untuk jangka waktu yang lama, sehingga sering dialami oleh para pekerja kantoran. Misalnya, bekerja di depan komputer atau meja dengan posisi leher yang salah atau menerima telepon dengan cara menjepit gagang telepon di antara telinga dan bahu. Otot bahu ini juga bekerja tanpa henti untuk mengangkat lengan ketika anda mengetik atau menggunakan mouse. Hal-hal tersebut yang menyebabkan bahu pegal atau nyeri bahu.


Solusi terbaik untuk mengeliminasi nyeri bahu tersebut tentunya dengan memperbaiki posisi tubuh yang salah, terutama saat bekerja dengan posisi duduk. Lalu bagaimana posisi duduk yang benar agar terhindar dari sakit di bagian bahu?


1. Perhatikan kursi
Pemilihan kursi merupakan wewenang perusahaan sepenuhnya. Jika kursi yang sobat pakai termasuk kursi yang ergonomis, maka sesuaikan ketinggian kursi hingga sesuai dengan meja kerja sobat. Jika kursi kerja sobat tidak mendukung untuk posisi duduk yang ideal maka bisa sobat tambahkan sendiri bantalan untuk memberikan sokongan pada lekuk punggung bagian bawah dan bila tidak ada sandaran tangan maka usahakan agar posisi keyboard komputer dengan lengan membentuk sudut 90 derajat, tidak lebih tinggi dan tidak lebih rendah. 


2. Atur meja kerja dengan baik
Pengaturan meja juga sangat berpengaruh pada postur yang salah dan bahu pegal. Letakkan benda-benda yang paling sering digunakan dekat dengan sobat sehingga mudah terjangkau. Kontraksi otot saat mencoba meraih benda akan menambah tekanan pada otot bahu. Monitor komputer diposisikan setinggi mata untuk meminimalisir kontraksi otot leher dan bahu.


3. Perhatikan posisi duduk 
Posisi kepala secara umum segaris dengan batang tubuh dan menghadap ke depan. Bahu dalam keadaan relaksasi dan lengan atas berada di kedua sisi tubuh. Kedua siku menempel pada batang tubuh dan ditekuk membentuk sudut 90 – 120 derajat. Punggung ditopang penuh oleh penopang lumbar (lumbar support) pada kursi saat duduk tegak atau sedikit bersandar. Paha dan panggul ditopang oleh busa dudukan kursi dengan posisi sejajar dengan lantai. Lutut berada setinggi panggul dan membentuk sudut 90 derajat. Usahakan bagian belakang lutut tidak menempel pada dudukan kursi dan telapak kaki menempel sejajar pada lantai. Jika tinggi meja atau kursi tidak bisa diubah, gunakanlah penopang kaki.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-