Resep Potato Hotteok, Camilan Khas Korea yang Mudah Dibuat
Senin, 26/01/2015 - 09:08 WIB
images-artikel/kecil/potatohotteok.png
Sumber: vemale.com
 
 
Jakarta -

Makanan yang enak dan mudah memang paling diincar untuk dijadikan referensi resep untuk dipraktekan. Resep kali ini datangnya dari Korea Selatan . Bukan hanya banyak boyban dan girl band nya saja, Korea Selatan juga memiliki banyak varian makanan yang enak lho, salah satunya adalah hottoek. Ingin merasakan makanan ala drama Korea dan menyajikan sendiri di rumah? Ini dia resepnya dikutip dari vemale.com.

 

Bahan:
2 1/2 sendok teh ragi instan
1/3 cup air hangat suam-suam kuku
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan minyak sayur
Aduk rata semua bahan di atas, diamkan 10 menit hingga berbusa. (artinya raginya bagus dan bekerja dengan baik jika berbusa)

 

Bahan lain:
1 3/4 cup tepung terigu protein sedang
3/4 tepung ketan (bisa diganti dengan tepung terigu protein sedang juga)
1/2 cup kentang kukus, lumatkan hingga agak lembek (bisa juga memakai Tepung Kentang seduh agar lebih mudah tercampur di adonan)
1 sendok teh garam
1/2 cup susu cair hangat

 

Cara membuat :

Masukkan tepung terigu, kentang lumat, susu cair, dan garam ke mangkuk yang berisi air ragi yang sudah berbuih. Aduk rata dan uleni hingga tercampur rata. Adonan memang agak lengket tapi lembut, nggak masalah.
Tutup dengan plastik, diamkan 1 jam di tempat yang hangat agar mengembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan, uleni rata sebentar agar gas di adonan terbuang. Bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera. Diamkan lagi agar mengembang kembali sekitar 10 menit. Ambil satu bulatan adonan. Pipihkan dan beri isian secukupnya.
Goreng di pan datar dengan sedikit minyak saja..sambil di tekan-tekan dengan spatula

 

Tips :
Membentuk dan menggoreng hotteok ini harus cepat karena ragi di adonan akan berkembang terus. Jika di diamkan dalam suhu ruang dalam waktu lama, nanti akan over proofing, jadi lebih baik gunakan pan yang agak lebar dan bisa muat beberapa adonan sekali goreng.

 

Tapi jika pakai pan kecil, simpan dulu adonan sisanya di kulkas agar raginya tidak cepat mengembang dalam adonan yang dibiarkan. Selain di isi brown sugar, hotteok ini enak di isi coklat juga. Hotteok ini bisa disimpan di freezer setelah matang. Jika mau makan tinggal dipanaskan sebentar pakai microwave atau biarkan suhu ruang, lalu panggang lagi sebentar.Mudah bukan sobat souja? Selamat Mencoba!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Minggu, 03/06/2018 - 11:49 WIB
Jumat, 01/06/2018 - 04:32 WIB
Jumat, 08/06/2018 - 23:04 WIB