Riset Membuktikan, Karyawan Berwajah Jelek Akan Meningkatkan Penjualan
Senin, 09/10/2017 - 11:21 WIB
images-artikel/kecil/latest-research.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Sebuah fakta unik dunia karir berasal dari publikasi riset  dalam Journal of Consumer Research di Majalah Time cukup menarik untuk ditelisik. Kalau selama ini publik percaya bahwa salah satu resep kesuksesan di dunia bisnis dan marketing adalah penampilan menarik karyawan, tidak demikian halnya fakta yang ditemukan di lapangan.  Riset membuktikan Anda perlu merekrut pegawai berwajah jelek. Mengapa demikian?


Riset yang melibatkan ratusan responden ini diikuti oleh model, selebritis yang baru merintis karir dan karyawan perusahaan ritel. Menurut studi tersebut, pegawai toko yang terlalu cantik atau tampan justru membuat pengunjung merasa terintimidasi. Kebanyakan pengunjung yang merasa dirinya tak secantik para penjaga toko akan merasa enggan untuk bertanya sesuatu. Hasilnya, mereka justru tidak mau berinteraksi dengan staff toko dan penjualan pun tak baik, nah lho! 


Demikian halnya dengan para model, mereka mengaku pernah dalam satu periode karir sangat sulit mendapatkan job karena dianggap punya tubuh terlalu sempurna dan wajah terlalu rupawan. Di sisi lain, mereka belum punya cukup track record yang menyebabkan agensi model top mau merekrut mereka sehingga hal ini sangatlah ironis. Studi serupa di tahun 2009 juga menunjukkan hal yang sama. Perempuan berusia 19 hingga 26 tahun akan berkemungkinan lebih kecil untuk membeli barang-barang seperti makeup atau ponsel di toko yang pegawainya lebih cantik dari mereka.


Fakta lain menguatkan dua riset di atas. Toko-toko retail yang mencari pegawai dengan fisik menarik juga ternyata memiliki angka penjualan buruk dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, jika ingin sukses membuka toko, carilah pegawai berwajah biasa saja. Pegawai yang terlalu cantik atau tampan justru akan membuat pelanggan menjauh. So, bagaimana menurut pendapatmu Sobat? Apakah kamu pun akan merasa terintimidasi jika bertemu dengan pegawai cantik dan tampan? 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-