Samgyetang, ayam rempah campur ginseng wajib dicoba bila ke Korsel
Selasa, 31/01/2017 - 17:47 WIB
images-artikel/kecil/Samgyetang-1-fff-project.blogspot.com_.jpg
Sumber: merdeka.co
 
 
Jakarta -

Apakah Sobat pecinta makanan Korea? Bila iya pasti tak asing dengan yang satu ini.

 

 

Bahan utama makanan ini adalah ayam muda. Mirip opor tapi yang ini murni kuah kaldu maka dianggap sup.

 

 

Ya, namanya Samgyetang. Bila Sobat ke Korea Selatan makanan khas negeri ginseng itu wajib dicicipi saat kondisi lapar. Sebab, ayam yang disajikan satu ekor per orang tentu sangat mengenyangkan.

 

 

Ciri khas makanan ini adalah berbagai rempah yang tercampur di dalamnya. Bikin unik lagi, setelah menghabiskan daging ayam yang sudah direbus hingga empuk jangan heran bila menemukan sesuatu di dalam perutnya.

 

 

Bagian perut ayam sudah berganti dari jeroan menjadi nasi ketan dan kurma. Katanya ketan itu pengganti nasi. Selain itu, ciri khas dari sup ayam ala Korea Selatan ini minuman yang disajikan sebagai temannya adalah ginseng. Jadi begitu sup diseruput berbagai macam rempah menyatu di lidah.

 

 

Samgyetang yang merupakan makanan tradisional dan bergizi diyakini bisa membuat tubuh tidak lemas apalagi saat musim panas di mana tubuh selalu berkeringat. Orang Korsel biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas: chobok, jungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.

 

 

Seperti halnya sup ayam yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit di kebudayaan Barat, samgyetang pun dipercaya dapat mencegah menyakit karena berbagai rempah yang tercampur hingga protein dan mineral dari seekor ayam utuh.

 

 

Lantas seperti apa rasanya?

 

 

Buat yang tak biasa mungkin bakal aneh karena dominan kaldu membuat hambar. Orang Indonesia yang terkenal dengan asin dan pedasnya harus berulang kali menambahkan garam dan merica.

 

 

Atau biar rasa berbeda, bisa ditambahkan Kimchi yang memang disajikan dalam satu paket Samgyetang.

Tertarik mencoba?

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-