Sejarah Amerika Disebut Sebagai Negara Paman Sam
Kamis, 11/02/2016 - 10:02 WIB
images-artikel/kecil/pamansam.png
Sumber: google.com
 
 
Jakarta -

Banyak sekali orang yang meneyebut negera Ameika sebagai negara Paman Sam, namun tahukah kamu mengapa negara ini disebut sebagai negara Paman Sam atau Uncle Sam?

 

 

Memang Uncle Sam telah menjadi ikon yang melegenda untuk negara Amerika, namun ternyata sejarah mengapa negara ini mendapatkan sebutan sebagai negara Uncle Sam banyak orang yang tidak tahu termasuk warga Amerika sendiri.

 

Ada banyak versi mengenai hal ini, namun berikut ini dikutip dari Okezone, Kamis (11/2/2016), sejarah negara Amerika disebut sebagai Negara Paman Sam.

 

Sebutan Paman Sam diambil dari nama Asli seseorang. "Uncle Sam" adalah panggilan untuk Samuel Wilson, seorang pengusaha yang bertugas menyuplai daging ke tentara Amerika di 1812.

 

 

Ketika itu, ada sebuah syarat bagi perusahaan yang akan mengirim makanan ke luar negeri, mereka wajib mencantumkan kode mengenai sumber makanan dan tujuan pengiriman. Samuel mencantumkan kode E.A-U.S. untuk paket daging tersebut.

 

Ketika seseorang menanyakan maksud kode tersebut, salah satu karyawan menjawab dengan bercanda artinya adalah Elbert Anderson dan Uncle Sam, yang merujuk ke Samuel Wilson. U.S sebenarnya merujuk ke "United States".

 

Istilah tersebut akhirnya menjadi terkenal di kalangan warga Amerika Serikat. Apalagi seorang kartunis Thomas Nast membuat gambaran Paman Sam melalui sebuah poster. Karakter Paman Sam digambarkan sebagai sosok tua yang mengenakan jas biru dan topi berbintang.

 

Paman Sam selalu digambarkan sebagai sosok patriotik yang cinta tanah air. Karakter patriot memang diambil dari keseharian Samuel Wilson yang suka bekerja keras dan membantu tentara.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 01/02/2019 - 09:32 WIB
Kamis, 07/02/2019 - 09:17 WIB
Jumat, 01/02/2019 - 09:33 WIB