Terjebak Trauma Memori Buruk? Begini Cara Menghapusnya Menurut Ilmuwan
Selasa, 14/11/2017 - 13:34 WIB
images-artikel/kecil/dementia-brain-eraser.jpg
Sumber: jeffreysterlingmd.com
 
 
Jakarta -

Sobat, kenangan atau memori buruk adalah suatu hal yang sangat menganggu. Tidak jarang, sebagian besar orang di dunia ini berupaya agar memori buruk yang bisa menimbulkan trauma berkepanjangan tersebut terus terkubur untuk selamanya. Lalu, bagaimana caranya untuk menghapus kenangan buruk dalam otak kita? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Psychonomic Bulletin and Review. Menurut penelitian tersebut, kunci utama melupakan memori adalah mengubah cara kita berpikir tentang konteks yang melingkupi memori tersebut.


Hebatnya lagi, cara tersebut diklaim lebih mudah dan terjangkau karena tanpa harus mengeluarkan uang banyak agar memori buruk lenyap. Seperti dicontohkan dalam jurnal tersebut, jika Sobat punya kenangan buruk saat berenang karena sempat tenggelam dan hampir kehilangan nyawa, maka bayangkan pantai dengan suasana paling menyenangkan dalam otakmu, misalnya kolam renang dengan berbagai ornamen serta wahana wisata di dalamnya. Bayangkan dirimu yang menggunakan pelampung paling keren lalu dipandu oleh seorang instruktur berenang. 


Cara ini membuat otak kita akan mengingat hal positif mengenai hal yang tadinya dianggap buruk secara perlahan-lahan. Lambat laun, trauma terhadap sesuatu akan berangsur-angsur hilang dan lenyap dengan sendirinya. Bukan perkara mudah memang, karena cara ini menuntut otak mengirimkan sugesti dengan sendirinya. Penelitian tersebut pun menyebut bahwa dibutuhkan minimal satu orang untuk ikut membantu memunculkan sugesti positif. Terapi seperti ini terbukti bisa menghilangkan memori buruk. 


Sebagai pribadi yang dewasa, sudah sepantasnya kita menjadi individu yang meminimalisasi memori buruk dalam otak, apalagi bagi sobat yang sedang merintis karir. Jadi, mulai sekarang coba ingat pengalaman yang tadinya buruk atau traumatik kemudian kaitkan dengan hal lain yang menyenangkan. Semoga cara ini efektif dan berhasil membuat sobat melupakan kenangan-kenangan buruk di masa lalu, dan siap menatap masa depan dengan optimis!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-