Tersandung Kasus Pelanggaran Hak Cipta, Begini Putusan Hakim Atas Lagu Shake it Off Milik Taylor Swi
Kamis, 22/02/2018 - 08:38 WIB
images-artikel/kecil/PicMonkey-Collage01.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Penyanyi cantik, Taylor Swift sempat mengalami kejadian tak mengenakkan terkait salah satu karyanya. Ya, lagu berjudul Shake it Off dituding telah melanggar hak cipta dari lagu yang ditulis oleh produser sekaligus penulis lagu, Nathan Butler dan Sean Hall. Menurut mereka, lirik lagu itu melanggar hak cipta lagu Playas Gon Play yang dirilis 2001 silam. Pelanggaran hak cipta yang dimaksud adalah lirik berikut ini, 


"Playas, they gonna play, and haters, they gonna hate" 


Dimana mantan kekasih Harry Styles itu menggunakannya tanpa izin. Akibatnya sang biduan pun dilaporkan ke pihak berwajb. Persidangannya pun telah bergulir di pengadilan beberapa kali. Akhirnya, pada sidang pekan lalu, Hakim Michael W. Fitzgerald menyatakan kalau tak ada pelanggaran hak cipta pada kasus Taylor versus Sean dan Nathan ini karena lirik yang dimaksud tak memiliki perlindungan hak cipta. 


"Lirik yang diduga dilanggar adalah frase singkat yang tidak memiliki orisinalitas dan kreativitas yang diperlukan untuk perlindungan hak cipta," ujar Hakim Fitzgerald. 


Dengan demikian, kasus pelanggaran hak cipta ini akhirnya dimenangkan Taylor. Hingga saat ini, belum ada tanggapan dari pihak penggugat mengenai kekalahan mereka di pengadilan atas Taylor Swift. Pun demikian dengan langkah hukum selanjutnya yang akan ditempuh, yakni banding atau menerima putusan pengadilan. Terkait hal ini, para Swifties yang merupakan penggemar Tay menyatakan yakin sedari awal jika sang idola tak bersalah. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-