Tersandung Kasus Plagiarisme Lagi, Ed Sheeran Akhirnya Bertindak!
Kamis, 05/04/2018 - 19:14 WIB
images-artikel/kecil/GettyImages-800829628.jpg
Sumber: bing.com
 
 
Jakarta -

Plagiarisme menjadi isu sensitif yang menyerang para musisi dunia belakangan ini. Salah satunya adalah Ed Sheeran. Ya, penyanyi berbakat asal Inggris tersebut sudah beberapa kali dituduh menjiplak karya orang lain. Baru-baru ini, pelantun Happier tersebut dituding melakukan plagiarisme untuk lagu The Rest of Your Life yang dinyanyikan Tim McGraw dan Faith Hill. Kala itu, Sean Carey dan Beau Golden selaku pencipta lagu When I Found You yang dinyanyikan oleh Jasmine Rae pada tahun 2014 silam pun mengajukan tuntutan hukum kepada Ed. 


Sean dan Beau sendiri menunjuk pengacara Richard Busch untuk menangani kasus tersebut. Bukan tanpa alasan, Richard memang diketahui pernah memenangkan kasus antara Marvin Gaye dan Robin Thicke. Saat itu, mereka mengklaim bahwa Ed telah melakukan pelanggaran hak cipta secara sengaja. Mereka juga mengatakan bahwa proses penjiplakan tersebut berupa verbatim serta melodi dari lagu orisinal. Bukan hanya itu saja, mereka juga menuntut rekan penulis The Rest of Your Life yang lain seperti Johnny McDaid dan Amy Wadge. Mereka meminta biaya ganti rugi sebesar USD 5 juta (sekitar Rp 68 miliar) ditambah profit, royalti dan biaya pengacara serta biaya injunktif. 


Mulai jengah terhadap kasus plagiarisme tersebut, akhirnya kali ini Ed bertindak! Ia memutuskan untuk melawan balik tuntutan tersebut. Ed dilaporkan mengajukan dokumen sebagai bantahan dan menyebut bahwa sama sekali tidak ada kemiripan antara dua lagu yang diperkarakan tersebut. Dilansir NME pada Rabu (4/4), dalam dokumen tersebut Ed mengaku bahwa ia tidak pernah meminta izin kepada Sean dan Beau karena The Rest of Our Life memang lagu orisinal dengan komposisi yang diciptakan sendiri. 


Lebih lanjut, sahabat Taylor Swift tersebut juga menegaskan bahwa tuduhan yang dilayangkan kepadanya sama sekali tidak berdasar. Ia juga meminta hakim untuk membatalkan tuduhan tersebut. Sementara itu, ini bukanlah pertama kalinya Ed tersandung masalah penjiplakan. Sebelumnya ia juga pernah mendapat tuduhan penjiplakan atas lagu Photograph. Namun kala itu, Ed akhirnya sepakat membayar USD 20 juta (sekitar Rp 275 miliar) untuk berdamai. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-