Tidak Tercampur Meskipun Dua Sungai Ini Bertemu
Senin, 26/02/2018 - 08:43 WIB
images-artikel/kecil/dua-sungai-bertemu.jpg
Sumber: Kabarnesia
 
 
Brazil -

Hai Sobat Souja! Manaus, sebuah kota di Brasil memiliki sebuah fenomena unik yang disebut Encontro das Aguas. Di kota ini kita menyaksikan pertemuan dua sungai besar, Rio Negro dan Sungai Amazon.


Satu hal yang menjadikan Encontro das Aguas di Manaus unik adalah fakta bahwa aliran kedua sungai yang berhimpitan terlihat jelas. Seolah-olah dua jenis air yang berbeda warna tersebut dipisahkan pembatas tak kasat mata.


Sebenarnya pemandangan dua perairan yang bertemu seperti ini bukan hal langka. Bisa ditemukan di daerah-daerah lain. Namun memang tak ada yang tampak sedramatis Encontro das Aguas di Manaus.


Rio Negro merupakan sungai hitam terbesar di dunia. Warna airnya berasal dari tumbuhan dari rawa dan hutan yang mengalami proses pembusukan. Air sungai seperti ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan sedikit endapan.


Sementara itu, air Sungai Amazon mengandung pasir dan lumpur. Tak heran jika warnanya kecoklatan. Dua perairan dengan kepadatan, kecepatan, dan suhu berbeda ini membentuk garis pembatas alami yang membuat keduanya enggan bersatu hingga berkilo-kilo jauhnya.


Sejumlah agen wisata menawarkan tur dengan perahu untuk mengarungi pertemuan Rio Negro dan Amazon di Manaus. Waktu terbaik untuk bergabung dengan salah satunya adalah bulan Januari dan Juli saat air sungai sedang tinggi. 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-