Tips Mengerjakan Soal Psikotes
Selasa, 04/11/2014 - 17:00 WIB
images-artikel/kecil/lulus psikotest.jpg
Sumber: bermacamtips.blogspot.com
 
 
Jakarta -

Sobat Souja sebentar lagi akan menghadapi ujian psikotes sebelum diterima bekerja di perusahaan idaman? Sedang bingung bagaimana cara tepat kerjakan soal psikotes nantinya? Tak perlu bingung karena berikut ada tips mudah kerjakan soal psikotes . Ini dia selengkapnya!

1. Menggambar Orang Lengkap
Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, dan ketahanan kerja dari peserta psikotes yang akan menjadi calon karyawan. Adapun poin yang dinilai dalam menggambar orang ini adalah : 
• Proporsi anggota tubuh. Semakin proporsional (seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain) maka semakin tinggi skor yang sobat peroleh. 
• Kelengkapan anggota tubuh. Semakin lengkap semakin tinggi nilainya. Diantaranya kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan seterusnya. 
• Detail gambar. Semakin detail gambar yang sobat buat semakin tinggi pula nilai yang sobat peroleh.

Tips dan Trik : Saat wawancara dengan psikolog, kadang kala gambar ini dibawa oleh dia dan tanyakan kepada sobat mengapa menggambar orang seperti diatas dan sobat akan disuruh mendeskripsikannya secara detil. Untuk itu, gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun yang menyerupai orang. Ada baiknya sobat menggambar orang yang sudah dikenal dan dekat dengan sobat, sehingga sobat tidak kesulitan dalam mendeskripsikannya. 


2. Menggambar Pohon
Bagus tidaknya gambar bukanlah kriteria lolos tes karena Tree Test bukanlah tes kemampuan menggambar. Sebagai salah satu alat menggali kepribadian, setiap tarikan garis dan tebal-tipis garis pun akan dievaluasi dengan cermat oleh psikolog. Jadi yang bisa kita persiapkan hanyalah berlatih menggambar semirip mungkin dengan pohon yang dimaksud dan menyelesaikan gambar tepat waktu.

Tips dan Trik : Tentukan pohon apa yang akan sobat gambar. Amati detail bagian-bagiannya dan saat ujian coba gambar pohon tersebut secara detail, mulai dari akar, batang, daun, cabang, ranting, buah dan sebagainya. Dengan begitu psikolog akan berpikir sobat adalah orang yang teliti (menggambar detil dari ujung akar sampai ujung daun).


3. Menggambar Rumah, Pohon, dan Orang 
Garis dan dinding mewakili ego seseorang. Garis dan dinding yang terlalu samar menunjukkan ego yang lemah. Sedangkan bila terlalu tebal menunjukkan kecemasan yang berlebihan. Atap mewakili fantasi. Jika sobat terlalu memperhatikan atap, maka artinya sobat terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupannya. Pintu dan jendela mewakili keterbukaan untuk berinteraksi dengan orang lain dan berinteraksi dengan lingkungan. Jika sobat menggambar gordin atau penutup jendela lain maka diartikan dia kurang terbuka dan kurang suka berinteraksi dengan orang lain. Pintu dan jendela yang terbuka menandakan orang tersebut sangat terbuka dan sangat suka berinteraksi dengan orang lain.

Tips dan Trik : Gambar bagian-bagian rumah dengan lengkap dan detail. Tambahkan pagar di sekelilingnya sebagai bentuk pribadi yang waspada dan memperhatikan keamanan.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-