Tips Menggunakan Uang Dollar
Sabtu, 17/01/2015 - 09:29 WIB
images-artikel/kecil/money-background-fill-100dollarbills.jpg
Sumber: mindmillion.com
 
 
Jakarta -

Dollar adalah mata yang paling fleksibel. Secara ekonomi, Dollar termasuk ke dalam hard currency atau mata uang yang berpengaruh pada mata uang negara lain. Bagi Sobat yang sering travelling ke luar negeri dan bertransaksi menggunakan uang dollar ketimbang dengan mata uang negara yang dikunjungi, ada beberapa tips untuk menyimpan dollar agar tidak menyulitkan perjalanan Sobat, karena dollar perlu perlakuan khusus agar nilai tukarnya tidak turun.

 

Minta dollar terbaru saat penukaran

Sobat yang ingin ke luar negeri, sebaiknya menukarkan uang rupiah saat masih ada di Indonesia. Nah, saat menukar ke money changer itulah Sobat harus meminta uang dollar cetakan terbaru, atau minimal setahun yang lalu. Pihak money changer tentu saja tidak akan memberitahukan satu hal, bahwa semakin lama tahun cetakan uang dollar maka nilai tukarnya semakin menurun.

 

Belanjakan uang dollar dari pecahan terkecil

Perlu Sobat ketahui bahwa ketika menukarkan uang dollar pecahan kecil maka uang tersebut akan dihargai murah. Oleh karena itu, jika Sobat berniat menyisakan uang dollar maka Sobat harus menjaga pecahan 100 dollar sedangkan untuk belanja gunakan pecahan yang paling kecil terlebuh dahulu. Hal ini untuk menghindari kerugian saat menukarkan kembali uang dollar tersebut setibanya Sobat di tanah air.

 

Perhatikan kondisi fisik dollar

Saat Sobat ternyata kehabisan uang dollar dan terpaksa menukarkan dollar di money changer luar negeri, maka perhatikan kondisi fisiknya. Kembalikan uang dollar yang kusut dan kusam, segera minta diganti dengan yang lebih baik. Tidak mau kan uang Sobat ditolak saat sedang asyik berbelanja?

 

Tempatkan dollar di tempat paling aman

Simpan uang dollar pecahan besar di amplop agar tetap rapi. Boleh saja menyimpan dollar di dompet, namun hanya untuk pecahan kecil saja. Hal ini sangatlah penting, seperti yang dijelaskan pada tips sebelumnya (Belanjakan uang dollar dengan pecahan terkecil).

 

Semoga empat buah tips tadi bermanfaat bagi Sobat yang hendak berlibur atau menyambagi keluarga di luar negeri. Selamat travelling!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-