Tips Menghadapi Bully di Tempat Kerja
 
Tips Menghadapi Bully di Tempat Kerja
Senin, 20/04/2015 - 11:46 WIB
 
 
Jakarta -

Bully di tempat kerja bisa menimpa siapa saja dan termasuk hal yang memuakkan bagi siapa saja. Apakah sobat juga dijadikan target bully di tempat kerja sobat saat ini? Jika iya, yang sabar ya sobat! Berikut ini ada tips untuk menghadapi bully di tempat kerja yang dikutip dari laman Merdeka.com. Semoga bermanfaat ya!


1. Observasi
Sering kali orang yang tidak menyadari dinamika lingkungan kerja mereka, sampai akhirnya mereka menjadi korban bully. "Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk menjadi waspada. Amati kekuatan orang lain dan kelemahannya serta pahami rasa tidak aman yang membuat mereka naik pitam," saran Deepti Baliga, psikolog.


2. Buat mereka terpesona!
Jika bos dan rekan kerja sobat meremehkan sobat, maka buatlah mereka terpesona dengan pengetahuan dan kinerja sobat di kantor. Cara yang paling efektif sebetulnya adalah dengan berbicara dari hati-hati dengan bos sobat. Tanyakan bagaimana pandangannya tentang kinerja dan sikap sobat di kantor. Hal itu malah bisa membuat bos sobat menghargai kejujuran dan kemauan sobat untuk terus belajar.


3. Jangan memutuskan hubungan!
"Tidak ada teman permanen atau musuh di tempat kerja Anda," jelas Deepti, "Anda tidak sedang bekerja untuk membuat keluarga, jadi jangan emosional dan gampang percaya siapa pun secara berlebihan."


4. Berteman dengan pesaing 
Dalam hal ini saingan bisa berarti bos atau rekan sobat. "Dengan berteman dengan pesaing Anda, Anda cenderung untuk melucuti senjata mereka. Hal itu membuat mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda, mereka akan kehilangan minat dalam permainan ini," jelas Deepti.


5. Berhenti mengeluh
Sebagian besar korban bullying memilih untuk keluar dari pekerjaan mereka atau mencari pilihan lain dengan harapan menemukan tempat kerja yang ideal. Ini cuma mimpi! "Orang-orang tetap bersikeras untuk keluar dari pekerjaan mereka dan terkadang menghadapi masalah harga diri. Yang penting adalah menyadari bahwa setiap tempat kerja memiliki politik dan Anda harus belajar untuk menanganinya dengan cara yang benar," kata Deepti.


6.Jangan bergosip
Gosip adalah malapetaka yang membuat sobat masuk ke dalam lingkaran setan. Ingat! Mulutmu adalah harimaumu. Siapa tahu saat sobat membicarakan tentang bos sobat, ternyata teman lain mengadukannya. Ini seperti bumerang yang akan berbalik menyerang sobat. Bukankah membicarakan kejelekan orang itu dosa.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-