Tips Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate
Senin, 02/03/2015 - 15:41 WIB
images-artikel/kecil/negosiasi-gaji.jpg
Sumber: anneahira.com
 
 
Jakarta -

Sobat Souja termasuk fresh graduate yang sedang mencari kerja? Jika nanti akan mengikuti proses wawancara kerja di perusahaan yang sobat minati, pasti akan merasa bingung jika ditanya soal gaji. Nah itu memang masalah klasik yang biasa dihadapi para fresh graduate saat wawancara kerja. Namun sobat tidak perlu khawatir, berikut ini ada tips negosiasi gaji kerja untuk sobat yang fresh graduate dikutip dari laman Liputan6.com.
 
 
1. Riset
Sebelum datang ke perusahaan untuk melakukan wawancara, ada baiknya sobat terlebih dahulu menyiapkan jawaban jika nanti ditanya soal gaji. Ada baiknya sobat melakukan beberapa riset, seperti melihat di internet berapa gaji yang biasa diterima oleh para pekerja baru, bertanya dengan teman-teman dan keluarga yang sudah bekerja terlebih dahulu. Setelah itu, yakinkan diri sobat untuk menerima gaji tersebut saat datang ke perusahaan yang sobat lamar.
 
 
 
2. Penyebutan angka
Sebelum pihak perusahaan menyebutkan nominal angka, sebaiknya janganlah sobat yang menyebutkan terlebih dahulu berapa gaji yang sobat inginkan. Selain itu, jangan pula menyebutkan angka yang tepat namun berikan range untuk gaji yang sobat inginkan. Misalnya, sebutkanlah jika gaji yang diharapkan berkisar pada angka Rp 3-4 juta rupiah.
 
 
 
3. Meyakinkan
Jika sobat sudah merasa yakin dengan angka yang sobat sebutkan, maka yakinkanlah hal tersebut pada pihak perusahaan. Yakinkanlah bahwa gaji tersebut sesuai dengan apa yang sobat kerjakan dan pencapaian yang akan sobat dapatkan dalam perusahaan tersebut. Selain itu, yakinkan pula jika gaji tersebut sudah sobat perhitungkan, mulai dari transportasi, uang makan dan menabung.
 
 
 
4. Jangan terburu-buru
Janganlah terburu-buru dalam mengambil keputusan soal gaji yang diharapkan. Hal yang sangat wajar jika sobat perlu memikirkan tentang gaji yang ditawarkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada penyesalan di akhir karena gaji tak sesuai dengan keinginan sobat. Jika kurang yakin, cobalah untuk mencari perusahaan lain yang dapat memberikan gaji sesuai ekspektasi sobat. Meski fresh graduate, namun sobat jangan mau jika dibayar di bawah UMR.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-