Traveling Sambil Belajar Bisa Dilakukan Di Jogja
Jumat, 23/02/2018 - 08:10 WIB
images-artikel/kecil/tugu-jogja-1.jpg
Sumber: Eksotisjogja.com
 
 
Jogja -

Hai Sobat Souja! Jogja dikenal sebagai kota dengan budaya Jawa yang sangat kental. Dari kepala pemerintahannya, yaitu Sultan Hamengkubuwono XI, sampai masyarakat kecil begitu menjunjung tinggi adat istiadat yang mereka miliki.


Tak heran kalau banyak traveler yang mendapatkan pelajaran baru sepulang liburan dari Kota Gudeg. Bukan hanya pengalaman kuliner dengan masakan yang cenderung manis, tapi juga keramahan dan berbagai hasil adat dan budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya.


Pergi ke Jogjakarta, jangan sampai pulang dengan tangan hampa. Selain berburu oleh-oleh, yuk, berikan ruang untuk ilmu baru dengan mengunjungi pusat-pusat kesenian di sana.


Belajar Membatik di Kampung Batik Giriloyo
Kampung Batik Giriloyo berada di Jl. Imogiri Timur km 14, Gazebo Wisata Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Ini adalah pusat batik tulis di Jogjakarta, di mana ratusan masyarakat terjun bersama untuk menjadi seniman batik. Kemampuan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi karena batik merupakan warisan turun-temurun.
Cobalah untuk mampir sejenak di salah satu rumah batik dan belajar bagaimana cara menghasilkan salah satu kekayaan budaya dunia ini. Mulai dari memegang canting, mengambil lilin, kemudian mengulaskannya di atas kain untuk membatik. Siapa tahu, dari belajar, muncul passion untuk mengembangkan batik.


Belajar Menari di Ndalem Pujokusuman
Buat yang punya minat dalam bidang seni tari, Ndalem Pujokusuman adalah tempat yang tepat untuk didatangi saat berpetualang di Jogja. Di sini sering diadakan pementasan kesenian Jawa, seperti Tari Jawa Klasik, Bedoyo, Serimpi, sampai Wayang Orang. Selain itu sempatkan diri untuk memperdalam ilmu tari karena Ndalem Pujokusuman juga membuka kursus Tari Jawa Klasik yang digelar setiap dua kali seminggu. Banyak, lho, wisatawan luar negeri yang khusus datang ke Ndalem Pujokusuman demi bisa belajar tari-tarian Jawa.


Kursus Kerajinan khas Jogja di Kota Gede
Selain berburu perhiasan-perhiasan yang terbuat dari perak, tak ada salahnya mencoba untuk mempelajari bagaimana benda-benda tersebut diciptakan. Kota Gede, sebagai sentra kerajinan perak, memiliki banyak tempat kursus kerajinan. Di sana akan diajarkan cara untuk mendesain, memilih jenis perak, mencetak, proses penempaan, merangkai, hingga penyepuhan, langsung dari ahlinya.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-