Trik Melatih Diri Menjadi Pendengar Yang Baik
Senin, 24/09/2018 - 10:50 WIB
images-artikel/kecil/1B0865F3-FDF5-4062-ABDC-75E15E397E7D.png
Sumber: Soul Of Jakarta
 
 
Jakarta -

Halo Sobat Souja, menjadi seorang pendengar yang baik tidak hanya ingin mengetahui seperti apa cerita yang akan dibagi oleh lawan bicaranya, tapi juga menghargai keinginan setiap orang, yaitu keinginan untuk didengar. dan mendengar lebih banyak adalah tipe orang yang peduli.

 

Jika kamu ingin menghargai dan dihargai oleh orang lain, kamu perlu mempelajari bagaimana menjadi pendengar yang baik. Berikut Triknya;

 

 

1. Fokus pada lawan bicara.

Ketika diajak berbicara sesibuk apapun, hentikan sementara sifat multitasking untuk mendengarkan lawan bicara. Cobalah untuk fokus pada apa yang sedang dibicarakan. Tetap diam dan melakukan kontak mata pada lawan bicara menandakan kamu mendengarkannya. 

 

 

2. Tidak Memotong Pembicaraan

Tak ada seorangpun yang suka jika pembicaraannya dipotong. Kalau kamu memiliki kebiasaan memotong pembicaraan atau menyela, ada baiknya kamu tidak melakukannya ketika sedang mendengarkan temanmu bercerita. Karena ia merasa perlu meluapkan perasaan dan masalahnya. Kamu cukup bersabar hingga curahan hatinya selesai baru bisa mulai berbicara.

 

 

3. Jangan Membandingkan Cerita

Hindari membandingkan ceritanya dengan ceritamu. 

"Ah, kamu masih mending begitu, Kalau aku dulu lebih sulit..."

Meski kamu berpikir hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membandingkan ceritanya dengan pengalamanmu, ini tidak benar. Karena bisa menjadi sesuatu yang menghina, dan membuat lawan bicaramu tidak nyaman.

 

 

4. Tahan Rasa Ingin Langsung Menolong

Bukannya tidak boleh, namun tidak semua teman yang bercerita mengharapkan uluran tanganmu. Bisa jadi ia hanya ingin mencurahkan masalahnya saja. Dengan begitu kamu pun tidak terbeban untuk bersama-sama mencari jalan keluar masalahnya. Dengan waktu yang sudah kamu luangkan untuk menjadi pendengar yang baik, pun kamu sudah membantu menenangkannya atau setidaknya membuatnya nyaman dilangkah awal.

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-