Tujuh Cara Produktif Usai Lulus Kuliah
Kamis, 28/05/2015 - 08:41 WIB
 
 
Jakarta -

Kebingungan sering dijumpai para fresh graduate. Apalagi ketika mereka belum mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan keinginannya.

 

 

Dilansir dari College Candy, Kamis (28/5/2015), berikut beberapa tips agar kamu tetap produktif menjalani masa-masa usai kelulusan tersebut.

 

 

1. Cari tahu apa yang kamu inginkan

Selama pengalamanmu di masa kuliah, kamu pasti sudah punya gambaran mengenai pilihan pekerjaan apa yang kamu inginkan. Nah, saatnya kamu menentukan pilihan-pilihan tersebut agar saat mencari pekerjaan nanti kamu tidak membuang-buang waktu dengan percuma.

 

 

2. Magang

Di sela-sela masa menganggurmu, perbanyaklah pengalaman dengan magang. Tidak begitu penting seberapa besar honor yang kamu dapatkan. Bahkan, sekalipun tidak dibayar, tidak ada salahnya kamu tetap melakukannya. Cara ini sangat membantu untuk menambah pengalaman dalam resume yang kamu buat untuk mencari kerja nanti.

 

 

3. Volunteer

Menjadi volunteer dalam suatu event bisa kamu lakukan untuk mengisi kekososnganmu. Sama halnya dengan magang, cara ini bisa menambah pengalaman dan bisa kamu cantumkan dalam resume saat mencari kerja nanti.

 

 

4. Jalan-jalan

Ini adalah kesempatan yang baik untuk berkeliling ke tempat-tempat yang menarik. Sebab, setelah bekerja nanti mungkin kamu akan sulit mencari waktu yang pas untuk liburan. Dengan berwisata ke berbagai daerah dan negara kamu bisa belajar tentang budaya lain dan sekaligus belajar bahasa asing.

 

 

5. Cari tahu di mana kamu akan tinggal

Mulailah pikirkan di mana kamu akan tinggal nantinya. Misalnya, tetap bersama orang tua atau pindah ke luar kota. Hal ini berpengaruh terhadap lokasi kerja yang nanti akan kamu lamar.

 

 

6. Cari uang

Jangan menghabiskan waktu nganggur hanya dengan bermalas-malasan saja. Coba berusaha untuk lebih produktif dengan melakukan hal-hal yang bisa menghasilkan uang.

 

 

7. Membangun jaringan

Kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, bangunlah jaringan sebanyak mungkin. Bertemanlah dengan banyak orang, siapa tahu mereka bisa memberikan nasihat yang baik bagi perkembangan kariermu ke depan.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-