Yuk Berwisata Sambil Mengenal Binatang Laut
Kamis, 15/01/2015 - 09:01 WIB
 
 
Jakarta -

Seaworld Indonesia merupakan akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara. Wahana di Seaworld berupa akuarium raksasa air tawar, akuarium raksasa air laut, lorong bawah laut antasena, perpustakaan, toko souvenir, dan display dengan tekbologi layar sentuh berisi informasi lengkap semua satwa dan spesies di Seaworld Indonesia. Sea World Indonesia cukup bersih dan dilengkapi dengan AC, petugas kebersihan, beberapa Café di mana Anda bisa minum atau makan siang dengan berbagai menu.


Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, SeaWorld Indonesia hingga kini memiliki berbagai koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia.


Pembagian dalam Seaworld Indonesia

Akuarium utama memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies yang berbeda dipelihara disini. Ukuran akuarium ini mencapai 38 x 24 m dengan kedalaman yang bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air laut. Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air laut terbesar kedua di Asia Tenggara.


Area Air Tawar dilengkapi dengan koleksi-koleksi satwa air tawar dari berbagai negara, termasuk diantaranya piranha dan Arapaima gigas dari sungai Amazon. Akuarium air tawar yang ditampilkan terdapat memiliki beberapa tema antara lain Aquarest (Aquarium Rain Forest), Aquarapaima, Aqua Car, Ex-Quarium dan Aquarium Piranha.


Lorong Antasena adalah lorong bawah air sepanjang 80 m yang dioperasikan dengan pijakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang. Memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan "bawah laut" tanpa harus khawatir tersandung saat menengadah ke atas untuk melihat ikan.


Aquarium Dugong merupakan tempat tinggal untuk mamalia laut yang langka yaitu Duyung (Dugong dugon) dan Otter's Track menjadi rumah bagi mamalia semi akuatik Aonyx cinerea.


Pesona kehidupan laut ditambahkan dengan adanya Akuarium ekosistem terumbu karang yang berisi koral, sponge dan berbagai biota penghuni terumbu karang yang indah, serta berbagai akuarium yang berisi berbagai hewan laut unik lainnya seperti Gurita Pasifik Raksasa, Kepiting Laba-Laba, Ikan Nanas dan Nautilus yang hidup di suhu sangat dingin.


Hal Menarik di Seaworld Indonesia

Terowongan Antasena
 
Terowongan Antasena adalah sebuah terowongan yang terdapat disebuah Akuarium Utama atau Akuarium Raksasa di Sea world Indonesia, dimana pada bagian Akuarium Utama tersebut terdapat sebuah terowongan yang dindingnya terbuat dari akrilik bening sehingga tembus pandang kedalam Akuarium Utama. Pengunjung dapat masuk ke terowongan akuarium ini yang panjangnya ± 80 meter, sepanjang terowongan ini pengunjung dapat bergerak maju kedepan dengan hanya berdiri diatas sejenis alat ban berjalan. Sepanjang terowongan ini, pengunjung akan merasakan sensasi seolah-olah berada didasar laut, karena pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan yang berenang melintasi kepala atau berenang disamping kanan dan kiri pengunjung. Akuarium utama ini merupakan akuarium terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung air laut hingga lima juta liter, Akuarium utama ini berukuran 38 x 24 m dengan kedalaman berkisar antara 4,5 dan 6 meter.


Terapi Ikan Gararupa
 
Di Seaworld Indonesia terdapat fasilitas terapi ikan, yang diterapi oleh Ikan Gararupa. Ikan Gararupa adalah sejenis ikan yang berasal dari sungai di negara Turki. Pengunjung dapat mencoba bagaimana rasanya jika kaki ataupun tangan diterapi oleh Ikan Gararupa dengan cara digigit-gigit, sedikit terasa geli dan tidak berbahaya. Anak-anakpun bisa diajak turut serta untuk ikut terapi. Ikan Gararupa berukuran antara 3 cm sampai 5 cm.


Ikan Purba Coelacant
 
Terdapat seekor ikan purba Coelacant (baca: ikan Selakan) yang telah diawetkan. Ikan yang dianggap telah punah ini berhasil ditemukan pada tanggal 25 November 2008 di perairan Pulau Talise, Manado, Propinsi Sulawesi Utara, Pulau Sulawesi.

Arapaima Gigas
 
Arapaima Gigas adalah ikan air tawar terbesar di dunia, panjangnya bisa mencapai 5 meter. Ikan ini asalnya dari sungai Amazon, Brazil.

Suvenir Khas Seaworld Indonesia
 
Terdapat toko suvenir khas Seaworld Indonesia, disini pengunjung dapat menemukan barang-barang suvenir seperti boneka, gantungan kunci, sepatu, kaos, baju, dan lain-lainnya.

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 12/07/2018 - 11:55 WIB