Yuk, Intip Makanan yang Harus Disiapkan diwaktu Lebaran
Minggu, 25/06/2017 - 09:40 WIB
images-artikel/kecil/idul fit.jpg
Sumber: soulofjakarta.com
 
 
Jakarta -



Sobat Souja, lebaran sudah di depan mata nih. Lebaran memang tidak lepas dari tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan beli baju baru, tapi lebaran yang paling ditunggu-tunggu ialah  menu makanan yang spesial. Lebaran selalu jadi momen seru untuk berkumpul bersama keluarga besar atau kerabat. Apalagi dengan kehadiran makanan yang wajib disajikan di atas meja makan. Yup, selama Idul Fitri pasti makanan melimpah ruah apalagi disantap bersama keluarga besar atau kerabat. Dan apa saja sih makanan yang wajib ada di saat lebaran?yuk di cek ya guys :


1.    Ketupat
Ketupat tentu bukan makanan yang asing ketika Lebaran, karena makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang masih muda ini sangat identik dengan hari raya Idul Fitri. Tentu aja, Lebaran nggak lengkap tanpa adanya ketupat. Seperti sudah menjadi kebiasaan bagi semua Muslim, setelah melakukan Shalat Ied, semuanya pasti buru-buru pulang ke rumah demi menyantap ketupat bersama keluarga tercinta.


2.    Opor Ayam
Opor jadi menu wajib saat Lebaran tiba. Nikmatnya potongan daging ayam kampung yang empuk, berpadu dengan gurihnya santan yang membuat hidangan ini selalu dicari. Selain berbahan ayam dan santan, opor ayam juga diracik dengan berbagai rempah-rempah yang menjadikan aromanya sangat menggoda.


3.    Rendang
Salah satu makanan Indonesia yang sudah diakui kelezatannya oleh dunia ini juga wajib ada saat lebaran. Rendang yang berasal dari Minangkabau ini menggunakan daging dan santan sebagai bahan utamanya. Tidak lupa juga memakai berbagai rempah-rempah yang bikin rasanya makin maknyus. Tapi tahu nggak, ternyata rendang itu bukanlah nama makanan lho, melainkan merupakan nama teknik memasak yang mengharuskan kita mengaduk terus menerus dalam jangka waktu yang lama sampai makanan kering. Itulah kenapa warna rendang coklat kehitaman. Meski saat melihatnya pertama kali tidak terlalu menggugah selera, tapi pas dicicipin, enak banget! Rasanya pedas-pedas gurih dan bumbunya sangat meresap ke dalam daging karena waktu memasaknya butuh berjam-jam.


4.    Sambal Goreng Ati
Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari Anda. Namun entah kenapa menu ini menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa sambal goreng ati.


5.    Kue Kering
Lebaran bukanlah lebaran kalau di meja ruang tamu kamu nggak ada tumpukan kue kering. Mulai dari nastar, kastengel, sampai putri salju, itu semua jadi kue langganan yang harus siap menyambut tamu-tamu yang datang silaturahmi ke rumah. Bisa juga jadi cemilan saat kamu ngobrol-ngobrol sama keluarga besar. Biasanya banyak yang bela-belain untuk bikin kue kering buat Lebaran sendiri lho. Tapi yang nggak bisa baking nggak usah kecil hati, karena yang jual pun juga banyak. Pokoknya makanan yang satu ini wajib banget ada deh waktu Lebaran.


6.    Kacang Goreng
Walaupun bukan termasuk makanan berat. Kacang goreng yang sering Anda temui pada penjaja makanan di bis atau dipinggir jalan, menjadi cemilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada dengan cara digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.



Nah ini dia Sobat Souja makanan yang harus ada di saat lebaran. Lalu bagaimana dengan kamu? hidangan favorit apa sih yang paling kamu tunggu saat lebaran atau yang selalu ada di rumahmu saat lebaran ?


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Jumat, 07/11/2014 - 17:00 WIB
Sabtu, 01/11/2014 - 10:01 WIB
Kamis, 20/11/2014 - 09:51 WIB
Rabu, 05/11/2014 - 12:09 WIB
Sabtu, 01/11/2014 - 14:02 WIB
Senin, 03/11/2014 - 09:08 WIB
Minggu, 02/11/2014 - 11:11 WIB
Kamis, 20/11/2014 - 18:13 WIB
Jumat, 28/11/2014 - 17:23 WIB