5 Tanda Insecurity yang Dirasakan adalah Sinyal untuk Berkembang

  • Selasa, 18/01/2022 - 09:58 WIB
Hai, Sobat Souja! Rasa tak nyaman, gelisah, dan cemas yang menyertai insecurity yang sedang kita rasakan memang seakan membuat kita kehilangan harapan hidup. Seakan kita sudah berada di jalan buntu dan jadi sosok yang paling payah. Akan tetapi, bisa jadi insecurity yang sedang kamu rasakan saat ini sebenarnya adalah sinyal untuk berkembang.

Ada sebuah kalimat yang menarik di buku Insecurity is My Middle Name, yaitu "Kadang, insecurity yang membuat kita bergerak". Insecurity yang sedang kita rasakan saat ini bisa jadi sinyal untuk berkembang menjadi versi diri yang lebih baik. Bisa menjadi sebuah pemicu untuk hadirkan motivasi untuk hidup yang lebih bermakna. Kalau kamu merasakan tanda-tanda ini, maka ada peluang besar ini adalah saatnya kamu menjadi sosok yang lebih baik dan berkembang dari sebelumnya.

1. Tergerak untuk Mencoba Hal Baru

Sudah ada semacam keinginan untuk mencoba hal baru. Ada semacam pendorong untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Mungkin pendorong ini akan disertai dengan rasa tidak nyaman karena disertai ketakutan dan kekhawatiran. Akan tetapi, jika kamu sudah merasakan dorongan semacam ini meski hanya sepintas saja, ini tanda bahwa ada hal yang lebih baik yang bisa kamu dapatkan jika kamu mau mencoba.

2. Ada Tujuan Baru yang Ingin Dicapai

Hidup terus berubah seiring waktu berjalan. Fase demi fase kehidupan pun kita lalui. Dari sini, kita pun akan melewati banyak lika-liku kehidupan. Saat kamu merasa insecure lalu kamu menemukan tujuan baru untuk dicapai meski paham  bahwa perjalanannya tidak mudah, maka ini sinyal bahwa kamu memang perlu melangkah lebih kuat lagi. 

3. Memiliki Lebih dari Satu Pilihan

Pilihanmu saat ini adalah tetap diam atau bergerak. Setidaknya ada dua pilihan yang tersedia dan terbentang untukmu. Saat kamu merasa insecure, lalu kamu menyadari bahwa ada pilihan untuk bergerak dan melakukan sesuatu maka ini bisa jadi pertanda kamu akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik jika mau berupaya sedikit lebih keras. Hidup adalah pilihan, dan kamu selalu punya pilihan untuk membuat perbaikan dan hadirkan hal yang lebih baik dalam hidupmu.

4. Ada Ujian atau Cobaan yang Perlu Diatasi

Ini saatnya untuk "naik kelas". Tahu kan saat duduk di bangku sekolah, kita harus selalu melewati dan menyelesaikan ujian untuk bisa naik kelas. Dalam hidup, ada sistem yang kurang lebih sama. Bila ingin jadi pribadi yang lebih kuat dan tegar, maka kita perlu mengatasi rintangan yang menghadang. Setiap ujian atau cobaan yang membuatmu merasa insecure saat ini menghadirkan sinyal bahwa kamu akan menjadi versi diri yang lebih baik saat berhasil mengatasinya.

5. Makin Sering Mengandalkan Diri Sendiri

Ada rasa kesepian yang kerap menghampirimu. Saat merasa insecure, kamu merasa sangat sendirian dan kesepian. Memang tidak nyaman, tetapi ini merupakan peluang untuk kamu bisa mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik. Saat makin sering mengandalkan diri sendiri, kita bisa lebih mengenal diri dengan baik, dan hal ini akan jadi bekal penting untuk tumbuh jadi perempuan yang lebih kuat dan dewasa seiring bertambahnya usia.

Bagi yang saat ini masih sering merasa insecure, semoga bisa memiliki motivasi baru untuk melangkah dan bergerak ke depan dengan lebih kuat ya. Yakinlah ada kebaikan dan makna baru yang bisa didapat selama kita terus berusaha jalani hidup dengan lebih baik dari waktu ke waktu.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.