Sobat Souja, persaingan di dunia kerja sudah sejak lama menjadi salah satu faktor yang menentukan kema

Bagaimana Bersaing Secara Sehat di Kantor? Simak Tipsnya!

  • Senin, 02/11/2015 - 14:25 WIB
 
Sobat Souja, persaingan di dunia kerja sudah sejak lama menjadi salah satu faktor yang menentukan kemajuan karir. Banyak pengorbanan yang harus diberikan agar tetap bertahan. Terlebih apabila pekerjaan tersebut merupakan karir impianmu. Untuk menghadapi situasi tersebut, diperlukan kemampuan dan strategi positif untuk bersaing secara sehat di dunia kerja. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk bersaing demi bisa bertahan di dunia kerja sambil bersaing sehat. 


Dilansir dari New York Times, berikut ini tipsnya!


Kamu harus punya tujuan yang jelas
Salah satu yang mendukung kemampuan untuk bersaing secara sehat adalah target dan tujuan yang jelas untuk dicapai. Tiap divisi dapat menetapkan target sehingga tiap individu dalam divisi itu juga boleh memiliki target pribadi. Dengan patokan yang jelas, masing-masing dapat bersaing dengan prestasi sendiri dan prestasi orang lain. Berikutnya, sebagai pekerja tetap menjunjung tinggi visi dan misi perusahaan. Dengan demikian, usaha apapun yang dikerjakan dalam rangka bersaing dan berkompetisi setidaknya tidak menyimpang dari visi dan misi yang sudah disepakati bersama.


Emosi + Intelektual yang stabil dan matang
Kematangan emosi dan sosial dari tiap individu yang bekerja merupakan hal yang penting. Hal ini dibutuhkan agar mereka tidak mudah tersinggung atau merasa iri hati dan cemburu dalam kegiatan kerja, tetap bersemangat untuk melaksanakan tugas di posisinya masing-masing. Selain itu, kecerdasan intelektual tetap diperlukan agar tiap individu yang bekerja dapat mengolah informasi dengan cermat dan tidak membuat kesimpulan yang salah dalam pekerjaan. Tujuannya, agar kualitas kerja dalam persaingan kerja tetap dapat dipertanggungjawabkan.


Menyesuaikan keadaan
Setelah individu memiliki kemampuan dan strategi bersaing secara sehat di dunia kerja, bukan hal yang tidak mungkin pada pelaksanaannya para pekerja dihadapkan pada lingkungan yang tidak mendukung. Lingkungan yang tidak mendukung berarti situasi yang dapat memicu rasa ketidaknyamanan pada pekerja seperti manajemen kantor yang timpang, situasi kerja yang penuh penggosip dan ketidaktegasan peraturan perusahaan. 


Jika menghadapi kondisi yang sama setiap hari pasti akan mengalami kejenuhan. Lambat laun tidak menutup kemungkinan akan terjadi kemunduran kinerja dan merosotnya daya juang. Menghadapi hal tersebut, pekerja sedapat mungkin dapat memberikan masukan kepada manajemen dari dua sisi. Sisi positif dan negatif kondisi yang ada serta usulan yang dapat dipertimbangkan pelaksanannya.


Selamat mencoba!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.