5 Menu Buka Puasa Bumil yang Baik untuk Janin

  • Rabu, 13/04/2022 - 09:47 WIB
Hai, Sobat Souja! Ibu hamil tetap bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Ibu hamil bisa berpuasa asalkan mengonsumsi makanan yang tepat sehingga nutrisi untuk dirinya dan juga calon buah hati tetap terpenuhi. Berikut menu buka puasa untuk ibu hamil.
 
Ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi sebelum menjalankan puasa. Selain menjalankan perintah agama, puasa juga memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, seperti detoks racun dan melancarkan pencernaan.

Ibu hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan saat sahur dan juga berbuka puasa. Salah dalam memilih makanan, dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan dan juga tumbuh kembang si jabang bayi.

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang tinggi gizi dan bervitamin pada saat sahur dan buka puasa. Dikutip dari thedailycrisp, berikut menu buka puasa untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan saat menjalankan ibadah puasa.

Daging Sapi Panggang Saus Jamur
 
d 
Sumber: Masakapahariini 

Menu pertama yang bisa disajikan adalah daging sapi panggang dengan saus jamur. Kandungan protein yang tinggi pada daging sapi sangat baik untuk ibu hamil dan juga buah hati.

Yang perlu diperhatikan saat memanggang daging sapi untuk ibu hamil adalah tingkat kematangan. Masak daging sapi hingga benar-benar matang untuk memastikan tidak ada bakteri yang masih hidup. Anda juga bisa menyajikan daging sapi panggang saus jamur ini dengan pasta.

Salmon Panggang

Nutrisi pada ikan salmon yang tinggi sangat baik bagi ibu hamil. Selain vitamin A, AHA dan DHA, salmon juga mengandung Omega 3 yang baik buat janin. Salmon panggang menjadi salah satu menu yang patut Anda coba untuk berbuka puasa.

Anda juga bisa menambahkan salad sayuran untuk menambah nilai gizi hidangan berbuka.

Salad Yunani
 
d 
Sumber: Viva 

Salad menjadi salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil. Salad Yunani menjadi rekomendasi menu buka puasa untuk ibu hamil berikutnya.

Salad Yunani dibuat dari potongan tomat, mentimun, bawang bombay, dan keju (biasanya keju feta) yang dicampur dengan lada, garam, oregano, dan juga minyak zaitun. Salad Yunani menjadi menu buka puasa yang menyegarkan dan bisa disantap keluarga.

Ayam Panggang

Masakan yang dipanggang lebih direkomendasikan ketimbang menu buka puasa yang digoreng. Hal ini dikarenakan makanan yang dipanggang lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan makanan yang digoreng.

Selain daging sapi, daging ayam juga menjadi rekomendasi yang tepat untuk ibu hamil. Anda bisa membuat ayam panggang bumbu kecap, ayam panggang bumbu rujak, atau ayam panggang bumbu taliwang yang tak kalah menggoda.

Sup Miju-miju
 
d 
Sumber: Pixabay 

Menu terakhir yang bisa Anda pilih untuk hidangan buka puasa adalah sup miju-miju. Miju-miju atau yang dikenal juga dengan lentil merupakan bahan makanan sejenis kacang-kacangan yang kaya akan serat dan juga protein.

Tak hanya baik untuk ibu hamil saja, sup miju-miju juga bisa dijadikan makanan pendamping ASI. Untuk mendapatkan miju-miju atau lentil ini cukup mudah karena banyak tersedia di online shop.

Itulah menu buka puasa untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.