Minum Kopi saat Sahur dan Berbuka, Amankah untuk Kesehatan?

  • Rabu, 13/04/2022 - 09:47 WIB
 
Hai, Sobat Souja! Ibadah puasa mewajibkan seseorang menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga terbenam. Kosongnya perut dalam rentang waktu itu tentu membuat Anda harus berhati-hati dengan pilihan asupan, baik makanan atau minuman.

Misalnya saja, sembarang mengonsumsi makanan saat berbuka puasa bisa berbahaya untuk perut yang sempat kosong seharian. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah minuman kopi.

Kopi selalu menjadi topik menarik dalam dunia kesehatan. Terutama, karena dianggap tidak baik untuk kesehatan lambung. Ahli gizi klinis, Putri Sakti mengatakan, menghindari minuman dengan kafein tinggi sebaiknya dilakukan selama berpuasa.

"Minum yang mengandung kafein tinggi seperti kopi sebaiknya dihindari saat puasa. Selain kopi, teh juga baiknya dihindari," kata Putri dalam acara Bincang Shopee, Selasa (29/3).

Putri mengatakan, kopi bisa membuat Anda dehidrasi saat siang hari. Sebab, saat mengonsumsi kopi, Anda juga cenderung mudah buang air kecil dan meluruhkan semua air di dalam tubuh dengan cepat.

Hal ini senada dengan yang disebutkan laman Mv Muslim, yang menyebut bahwa 360 miligram kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi bisa membuat seseorang menghasilkan urine lebih banyak.

Selain itu, kopi juga cukup asam sehingga minum kopi saat berbuka atau sahur bisa meningkatkan asam lambung.

"Terutama yang punya riwayat asam lambung, sebaiknya hindari dulu ngopi, yah, apalagi yang dicampur susu dan gula," katanya.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.