Perbedaan Homeschooling dan Sekolah Formal, Mana Yang Lebih Baik?

  • Jumat, 01/07/2022 - 14:44 WIB
Hi Sobat Souja!

Saat ini homeschooling sudah menjadi metode pendidikan alternatif bagi keluarga selain sekolah formal. Banyaknya lembaga homeschooling yang bermunculan membuat banyak sobat Souja mulai mempertimbangkan untuk menyekolahkan anak kita di homeschooling. Kira-kira apa saja perbedaan antara homeschooling dan sekolah formal? Yuk kita bahas bersama-sama di kesempatan ini!

Apa itu Homeschooling?

Homeschooling merupakan metode belajar yang dilakukan di rumah, dengan bantuan guru privat atau dengan orang tua sendiri sebagai gurunya. Menurut pendapat para pakar pendidikan, kegiatan ini adalah istilah dari sekolah mandiri, sehingga tanggung jawab dalam proses dan hasil pendidikan anaknya secara penuh berada di tangan orang tua bukan pada guru atau lembaga formal sekolah.

Persamaan homeschooling dengan sekolah formal yang ada yaitu sama-sama bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak, mencari kebaikan dan menggali potensi optimal yang dimiliki oleh anak, pengantar anak-anak pada tujuan pendidikan, serta supaya anak memiliki modal intelektual, mental, dan spiritual yang memadai untuk menghadapi masa depan dengan penuh harapan.

Nah, bila kita sudah mengerti sedikit mengenai persamaan dari kedua model pembelajaran ini, berikut ini perbedaan dari kedua model pembelajaran ini:

1. Sistem pendidikan
Sekolah formal menggunakan standar yang disesuaikan oleh lembaga sekolah dan juga departemen pendidikan nasional.
Homeschooling lebih bertujuan kepada kebutuhan anak dan kondisi keluarga untuk mengembangkan potensinya.

2. Fasilitas pembelajaran
Sekolah formal memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa dibilang memadai untuk tumbuh kembang anak, seperti perpustakaan, lab bahasa maupun sains, lapangan untuk berolahraga dan fasilitas pendukung lainnya.
Berbeda dengan model homeschooling yang lebih prefer kepada fasilitas yang ada dirumah, semua tergantung dengan kelengkapan dari fasilitas rumah itu sendiri.

3. Kurikulum
Sekolah formal memiliki kurikulum yang ketat karena sudah menjadi rancangan dari lembaga sekolahan dan juga departemen pendidikan nasional. Beda halnya dengan homeschooling yang memiliki kurikulum yang fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan bakat dan minat anak itu sendiri.

Nah, demikian penjelasan mengenai homeschooling, serta perbedaan antara homeschooling dan sekolah formal yang sobat Souja perlu ketahui. Jadi apakah sobat Souja lebih memilih sekolah formal, atau lebih memilih homeschooling nih? Apapun pilihannya, pendidikan terbaik tetap harus jadi pilihan yang utama ya!

Sumber: Homeschooling Pena

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.