4 Tips Merawat Pakaian agar Awet, Perhatikan Penyimpanan!

  • Sabtu, 01/10/2022 - 06:43 WIB
Hi sobat Souja! Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Seiring perkembangan zaman, fungsi pakaian tidak lagi hanya terbatas sebagai pelindung tubuh dari cuaca panas maupun dingin. Pakaian sudah mempunyai banyak fungsi lain seperti untuk menunjukkan asal daerah, gaya hidup dan bahkan juga status sosial.

Apapun fungsi yang disandang oleh pakaian, pemilik pakaian tentu menginginkan pakaian miliknya tetap awet dan dapat dipakai dalam waktu yang lebih lama. Bahkan jika pemiliknya sudah bosan, bisa dimanfaatkan oleh orang lain selama kondisinya masih bagus.

Jika kamu ingin agar koleksi pakaian kamu awet, kamu bisa mencoba tips berikut ini.

1. Gunakan air dengan suhu yang tepat

Beberapa pakaian memerlukan suhu air  yang berbeda untuk mencucinya. Kamu bisa membaca ketentuan pada label pakaian yang mencantumkan berapa suhu air yang disarankan untuk mencucinya. Hal ini disesuaikan dengan bahan pakaian yang tidak selalu bisa diperlakukan sama.

2. Bersihkan noda segera

Jika pakaian kamu terkena noda, segera bersihkan dan jangan menundanya, Hal ini karena noda yang dibiarkan terlalu lama mengering di pakaian akan lebih sulit dibersihkan bahkan bisa meninggalkan bekas yang tentu saja merusak pakaian kamu.

3. Gunakan program mesin cuci dengan benar

Jenis dan pakaian yang berbeda memerlukan perlakuan yang berbeda pula. Bahkan ada beberapa bahan pakaian yang perlu perhatian khusus. Seperti misalnnya pakaian dari bahan wol yang bisa mengkerut saat dipaksa dicuci bersamaan dengan cucian lainnya.

Bacalah petunjuk pencucian dan perhatikan bahan pakaian, lalu pilih  program pencucian pada mesin cuci yang sesuai dengan jenis pakaian. Dengan begitu, pakaian kamu akan terhindar dari  kerusakan akibat salah perlakuan.

4. Simpan dengan benar

Penyimpanan pakaian juga menjadi salah satu faktor penentu apakah pakaian dapat tetap awet. Simpan pakaian di tempat yang kering, sejuk dan cukup ventilasi agar terhindar dari jamur.  

Jangan lupa untuk menyimpan sesuai dengan bahan pakaian. Saat menggantung pakaian agar tak kusut dan bentuknya tetap terjaga, pilih gantungan pakaian yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan bahan empuk.

Untuk bahan pakaian yang berat seperti sweater dan sejenisnya dapat dilipat agar tak meregang.

Itulah beberapa tips untuk merawat pakaian kamu agar lebih awet dan bisa dipakai lebih lama.

Sumber: Suara.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.