Sobat Souja, siapa bilang kalau osteoporosis hanya dialami oleh lansia saja? Meski kasusnya terbilang jarang, tapi penyakit ini juga bisa menyerang seseorang di usia muda.

Lakukan Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini Di Usia Muda

  • Selasa, 30/08/2022 - 09:45 WIB
Sobat Souja, siapa bilang kalau osteoporosis hanya dialami oleh lansia saja? Meski kasusnya terbilang jarang, tapi penyakit ini juga bisa menyerang seseorang di usia muda. Sebenarnya osteoporosis memang diidap oleh lansia, sehingga remaja dan orang dewasa tak begitu peduli dengan penyakit ini. Padahal, kebiasan sejak muda seperti tak aktif bergerak bisa menyebabkan tulang gampang rapuh di usia tua. Maka dari itu, Sobat yang masih menginjak masa muda harus mulai mengantisipasi terjadinya osteoporosis sejak dini. Lantas, bagaimana sih cara mencegah osteoporosis di usia muda? Yuk, kita simak info lebih lengkapnya di bawah ini.
 
osteoporosis sejak dini
Source: kompas.com
 
1. Olahraga Berbenturan Dengan Tanah
Olahraga merupakan cara terampuh untuk mencegah osteoporosis. Dari banyaknya olahraga, olahraga yang paling sering berbenturan langsung dengan tanah atau lantai amat baik buat tulang. Contohnya, lari, trampolin, ataupun lompat tali. Ketiganya dianggap paling bagus untuk mencegah keropos tulang. Selain itu, olahraga bola voli, bola basket, aerobik high impact, dan olahraga lain sejenis juga baik bagi tulang. Meski begitu khasiatnya enggak sehebat ketiga olahraga di atas. Mencegah tulang keropos juga bisa dilakukan lewat olahraga berenang atau bersepeda. Namun, karena kurang berbenturan dengan tanah dan lantai, nilainya agak kurang untuk mencegah osteoporosis.

2. Cukupi Nutrisi Tubuh
Jangan berharap banyak kesehatan tulang akan terjaga di usia muda, kalau asupan nutrisi tubuh tak terpenuhi. Nah, vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang amat berkaitan dengan kesehatan tulang. Oleh sebab itu, pola makan yang kita terapkan tak bisa mencukupi kebutuhan vitamin D, tak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin D. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk untuk memperkuat tulang dan gigi.

3. Jangan Takut Dengan Sinar Matahari
Sinar matahari juga bisa membantu kita untuk mencegah osteoporosis. Namun, sinar matahari di sini bukannya sinar matahari di siang bolong. Cobalah untuk bersahabat dengan sinar matahari pagi. Di waktu ini sinar matahari bisa membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Usahakan tubuh terkena sinar matahari pagi (sebelum jam 9) selama paling tidak 10 menit sebelum menggunakan tabir surya.

4. Jauhi Faktor Risiko
Agar terhindar dari osteoporosis di masa muda, cobalah hentikan atau hindari kebiasaan buruk yang bisa mengacaukan kesehatan tulang. Misalnya, batasi konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok.
 
pencegahan osteoporosis
Source: akamaized.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa cara yang bisa kamu terapkan guna mencegah terjadinya osteoporosis sejak dini. Rajinlah berolahraga dan tentunya diimbangi dengan nutrisi dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, kesehatan tulang Sobat semakin terjaga. Yuk, mari hindari penyakit ini sebelum terlambat! Semoga bermanfaat ya Sobat Souja.
 
Sumber artikel : Halodoc.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.