Resep Donat Kentang Merah Putih

  • Minggu, 21/08/2022 - 10:35 WIB
Hai, Sobat Souja! Donat adalah camilan manis yang paling sering disukai anak-anak karena teksturnya empuk dan manis serta mengenyangkan, ditambah toppingnya menggugah selera. Salah satu cara memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus adalah dengan membuat donat kentang merah putih. Donat ini pasti disukai anak-anak maupun orang dewasa. Ini dia resepnya. 

Bahan:

500 g tepung terigu protein tinggi
200 g kentang kukus
100 g gula pasir
100 ml susu
50 g susu bubuk
2 butir telur
1 sachet ragi instan
75 gr margarin
1/4 sdt garam

Topping:

meses merah dan putih
buttercream secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas dan potong-potong kentang. Kukus hingga kentang matang empuk. Angkat dan lumatkan hingga halus.
2. Jika kentang sudah dingin, campurkan dengan telur dan susu.
3. Di wadah lain, campurkan tepung terigu, susu bubuk dan ragi instan. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan kentang. Uleni hingga tercampur rata. 
4. Masukkan margarin dan garam. Uleni hingga kalis, tutup adonan dan diamkan selama 30-40 menit. 
5. Jika sudah mengembang, kempiskan lalu bagi-bagi adonan sama besar. Tata di nampan lalu tutup menggunakan serbet. Diamkan lagi adonan selama 25-30 menit.
6. Jika sudah mengembang, tusuk tengahnya dengan jari atau alat lain untuk menciptakan lubang. Panaskan minyak secukupnya, goreng hingga matang kecoklatan.
7. Balik cukup sekali ketika benar-benar sudah mengembang dan warna kecoklatannya merata.
8. Jika sudah dingin, oles buttercream putih lalu tabur meses merah putih. Jadi deh, donat merah putih siap dinikmati untuk 17 Agustusan.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.