How To: 3 Cara Treatment Rambut Rusak dan Kering dengan Memakai Minyak Kemiri

  • Senin, 22/08/2022 - 08:03 WIB
Rambut adalah mahkota, siapapun akan setuju dengan kalimat ini. Baik bagi perempuan maupun pria, rambut menjadi poin yang penting diperhatikan untuk mendukung penampilan. Tapi rambut yang sehat, tebal, dan lembut tidak semua orang bisa memilikinya dengan alami.

Butuh perawatan untuk mempertahankan keindahan rambut. Terutama bagi Sahabat Fimela yang menyukai berbagai macam styling rambut yang sering membuat rambut rusak. Salah satu cara untuk merawat rambut dari kerusakan yang tidak rumit adalah menggunakan minyak kemiri.

Melansir dari Bydie.com, minyak kemiri diekstrak dari biji kemiri dan dikombinasikan dengan campuran asam lemak, protein, dan vitamin. Perpaduan bahan ini membuat minyak kemiri menjadi pelembap yang cocok untuk semua jenis rambut.

Apakah Minyak Kemiri Cocok Untuk Rambut Berminyak?

Ron Robinson, ahli kimia kosmetik, menjelaskan jenis rambut yang cocok dirawat dengan minyak kemiri. Mulai dari rambut super lembut hingga rambut tipe 4C dengan tingkat ke-ikalan sangat rapat dan padat. Robinson menjelaskan minyak kemiri bekerja sangat baik pada rambut kering, rusak, dan diwarnai.

“Manfaat khusus melembapkan rambut dan kulit kepala, ia bekerja sangat baik pada rambut kering, rusak, atau diwarnai dan dapat membantu menjinakkan keriting karena sifatnya yang menghaluskan dan mengondisikan. Namun, meskipun teksturnya ringan dan tipis, mereka yang memiliki rambut berminyak mungkin ingin menghindari penggunaan yang berlebihan,” papar Robinson.

Bagaimana Memakai Minyak Kemiri Pada Rambut?

Minyak kemiri Sebagai Hydrating Treatment

Melansir dari Lifestyleasia.com, minyak kemiri dapat menjadi produk treatment yang baik untuk melembapkan rambut. Caranya: ketika Sahabat Fimela merasa rambut terasa kering dan rapuh, cukup tuangkan minyak kemiri ke dalam botol spray. Kemudian, semprotkan minyak kemiri ke rambut dan hingga akar jika dibutuhkan. Pijit ringan hingga merata mengenai rambut dan sisir rambut kembali sehingga rapi.

Minyak Kemiri Sebagai Perawat Kulit Kepala

Ketika kuit kepala terasa gatal dan kering minyak kemiri bisa jadi solusi ampuh untuk masalah ini. Sahabat Fimela tinggal memijit minyak kemiri ke kulit kepala secara perlahan dan biarkan semalaman hingga rambut bisa menyerap nutrisi dalam minyak kemiri dengan maksimal dan cuci rambut di pagi harinya.

Minyak Kemiri Sebagai Perawatan Sebelum Keramas

Menurut Alia Ahmed, dermatolog asal inggris mengaplikasikan minyak ke rambut dan kulit kepala sebelum dikeramas bisa menjadi cara untuk mengurangi jumlah air yang diserap rambut. Dengan demikian, minyak kemiri mampu mengurangi risiko kerusakan. Gunakan minyak kemiri satu hingga dua jam sebelum keramas.

Manfaat Minyak Kemiri Bagi Rambut

Minyak Kemiri

Seorang dermatolog asal Inggris, Alia Ahmed mengungkapkan minyak kemiri tepat digunakan untuk para pemilik rambut yang membutuhkan kelembapan dan nutrisi lebih untuk rambut kering dan keriting. Minyak Kemiri adalah sumber vitamin E, vitamin B, serat, protein, gula, tiamin, kalium, fosfor, kalsium, mangan, selenium, flavonoid, asam lemak terutama oleat dan asam folat.

Minyak kemiri memiliki kemampuan baik dalam menghidrasi rambut yang diwarnai. Ketika rambut sering diwarnai sering membuat rambut rapuh dan kering. Kemiri bisa jadi senjata untuk membuat rambut dan kulit kepala terhidrasi dengan baik.

Kulit kepala juga menjadi lebih sehat jika dipijit dengan minyak kemiri. Sebagai sumber vitamin E menjadi perawatan terbaik untuk kulit kepala dan membuat rambut tumbuh sehat dan lebat. Selain itu, kemiri juga memberikan perlindungan UV untuk kulit kepala dan rambut karena mengandung antioksidan tinggi.


Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.