Resep Lemper Abon Sederhana

  • Jumat, 26/08/2022 - 09:14 WIB
Hai, Sobat Souja! Lemper tidak harus dibuat dengan isian ayam suwir atau cincang dari daging ayam segar. Jika tidak mau ribet membuat isian dan kebetulan hanya punya abon di rumah, bisa juga dimanfaatkan sebagai isian lemper. Ini dia resep lemper abon sapi enak untuk camilan orang rumah.

Bahan:

500 g beras ketan
300 ml air
100 ml santan kental
100 g abon sapi/ayam atau secukupnya
3 lembar daun pandan
2 sdt garam

Pembungkus:

Daun pisang secukupnya 
Tusuk lidi

Cara membuat:

Resep Lemper Ayam Enak dan Gurih
1.  Sebelumnya beras ketan sudah direndam selama paling tidak 5 jam agar empuk, bisa juga selama semalam jika tidak keberatan menunggu agak lama.
2. Panaskan kukusan. Alasi dengan daun pisang. Tuang beras ketan yang sudah dicuci bersih. Tambahkan daun pandan yang sudah diremas dan diikat simpul, kukus selama 30 menit. 
3. Pindahkan beras ketan ke dalam panci atau bisa juga rice cooker. Tuang santan, garam dan air secukupnya untuk menambah kekurangan santan saat memasak beras ketan.
4. Masak hingga matang. Aduk rata biarkan hingga tidak terlalu panas.
5. Ambil nasi ketan secukupnya, alasi tangan dengan plastik. Ratakan dan isi dengan abon secukupnya. Tutup dan bungkus dengan daun pisang. Lakukan hingga habis.
6. Nikmati lemper abon yang enak dan gurih sebagai camilan maupun sarapan. Jika ingin versi lemper yang bakar, tinggal bakar di atas bara api, lalu nikmati dengan sensasi aroma bakaran.

Sumber: Fimela Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.