5 Jenis Pekerjaan Part Time yang Bisa Kamu Coba Semasa Kuliah

  • Rabu, 24/08/2022 - 14:06 WIB
Hi sobat Souja! Memasuki masa perkuliahan kamu akan dihadapkan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah soal keuangan. Ya, meskipun kamu telah mendapatkan sumber pembiayaan dari orang tua, namun bukan berarti kamu tidak punya peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, penghasilan tambahan ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal, semisal ditabung, mengurangi beban orang tua atau bahkan mewujudkan keinginan untuk hal tertentu. Dikutip dari laman Coursera, berikut adalah 5 jenis pekerjaan paruh waktu alias part time yang bisa kamu coba selama menjadi mahasiswa.

1. Posisi di Kampus

Adapun maksud posisi di kampus di sini adalah pekerjaan part time yang masih berhubungan dengan kampus. Beberapa contohnya seperti asisten dosen, duta kampus, pemandu wisata kampus dan lainnya.

Untuk bisa mengisi posisi ini, tentunya kamu perlu strategi khusus. Semisal ingin menjadi asisten dosen, jika memang ada penawaran, maka jangan ragu untuk mengambilnya. Jika tidak, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk menawarkan diri kepada dosen maupun profesor yang kamu ingin menjadi asistennya.

2. Posisi Ritel dan Pemasaran

Selanjutnya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan ritel dan pemasaran. Di era serba digital seperti saat ini, penguasaan pasar memang membutuhkan strategi khusus. Salah satunya adalah keandalan di sisi kreativitas.

Apabila kamu punya keterampilan di bidang pembuatan konten di sosial media ataupun platform, maka jangan ragu untuk mencari informasi part time job yang berhubungan dengan itu. Kesempatan ini bisa kamu ambil, selain mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa semakin mengasah kreativitas.

3. Pramusaji

Bidang layanan makanan juga menjadi salah satu part time job yang sudah tidak asing lagi untuk didengar. Bahkan di negara luar pun, pekerjaan ini menjadi salah satu yang banyak dikerjakan oleh para mahasiswa/i sebagai pekerjaan paruh waktu mereka.

Nah, kamu bisa coba apply pekerjaan menjadi seorang pramusaji, baik itu di restoran, kafetaria, perusahaan katering maupun yang lainnya. Sebisa mungkin, upayakan agar jam kerjanya tetap fleksibel dan tidak mengganggu proses perkuliahan ya!

4. Magang Berbayar

Biasanya, magang berbayar ini erat kaitannya dengan keahlian yang relevan dengan ilmu yang kamu pelajari di bangku perkuliahan. Oleh karenanya, jangan ragu untuk mencari informasi magang berbayar ini.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa meningkatkan portofolio yang mendukung untuk bidang yang sedang kamu dalami. Bukan tidak mungkin pula, setelah tamat kuliah kamu bisa direkrut di perusahaan tempat kamu magang apabila kamu bisa menunjukkan kinerja yang bagus.

5. Pekerja Lepas

Nah, satu lagi yang bisa kamu coba adalah menjadi pekerja lepas. Pekerja lepas ini banyak sekali contohnya. Semisal, menjadi penulis lepas, membuka jasa desain grafis, berjualan online dan lainnya.

Kamu bisa sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Selain mendapatkan uang, kamu bisa terus mengasah kemampuan di bidang lain sehingga kamu memiliki nilai tambah di samping bidang keilmuwan yang kamu pelajari.

Sumber: Beautynesia.id

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.