Hati-hati, Ini Ciri-ciri Penyakit Jantung Sudah Parah

  • Sabtu, 03/09/2022 - 14:31 WIB
Hai, Sobat Souja! Salah satu penyakit tidak menular yang paling mematikan adalah penyakit jantung. Siapa saja bisa mengalami penyakit jantung dan kondisinya bisa semakin parah jika tidak diobati.

Lantas, apa saja ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah?

Memperingati Hari Kesehatan Jantung Sedunia, tidak ada salahnya memperhatikan kesehatan jantung Anda.

Pada dasarnya ada beberapa kondisi yang menggambarkan penyakit jantung. Sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan penyakit jantung:

- masalah pada pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner;
- detak jantung tidak teratur (aritmia);
- cacat jantung bawaan;
- penyakit otot jantung;
- penyakit katup jantung.

Ciri-ciri Penyakit Jantung Sudah Parah

Saat kondisi jantung memburuk, tubuh akan mengeluarkan sejumlah tanda. Berikut ciri-ciri penyakit jantung semakin parah yang harus diwaspadai.

1. Nyeri dada

Dada akan terasa sakit dan sesak. Dada juga akan terasa seperti tertekan. Kondisi ini bisa terjadi karena jantung memompa terlalu cepat atau bahkan mengalami pembengkakan.

2. Mati rasa di kaki dan lengan

Muncul rasa sakit atau bahkan mati rasa di bagian kaki dan lengan. Rasa sakit ini juga diikuti dengan rasa lemas dan dingin di bagian kaki.

Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah yang semakin menyempit. Biasanya, kondisi ini disertai dengan pembengkakan di area perut atau area sekitar mata.

3. Sakit kepala

Anda juga bisa mengalami sakit kepala, pusing, hingga pingsan. Kondisi ini juga biasanya diikuti oleh perasaan lelah dan lemah.

4. Detak jantung cepat atau tidak teratur

Melansir WebMD, saat bermasalah, jantung akan berdetak lebih cepat untuk memompa cukup darah ke tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

5. Kaki, lengan, dan perut bengkak

Masalah pada jantung juga akan mengakibatkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, lengan, dan perut. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit.

Kondisi ini terjadi karena aliran darah yang semakin berkurang.

6. Sulit berolahraga

Saat berolahraga, Anda mulai lelah dan sesak napas. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap berbagai kegiatan sehari-hari.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.