Hai, Sobat Souja! Kualitas udara di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya mulai tidak bersahabat. Polusi udara berada pada tahap yang me" />

5 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Bikin Paru-paru Tidak Cepat Tua

  • Selasa, 27/09/2022 - 09:40 WIB
Hai, Sobat Souja! Kualitas udara di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya mulai tidak bersahabat. Polusi udara berada pada tahap yang mengganggu kehidupan masyarakat.

Bahkan, pada bulan Juni 2022 lalu, Jakarta dinobatkan sebagai daerah dengan kualitas udara terburuk pertama di dunia. Padahal, kualitas udara yang bagus diperlukan, terutama bagi anak-anak dan lansia.

Kini, pertimbangan bagi orang-orang untuk wisata juga soal kualitas udara destinasi tempat liburannya. Destinasi wisata tidak hanya punya pemandangan indah dan instagramable, tapi juga udara yang sejuk serta belum terkontaminasi.

Bagi Anda yang memang ingin liburan ke destinasi-destinasi wisata dengan kualitas udara yang bagus, Indonesia memiliki sejumlah tempat yang layak untuk dikunjungi.

Berikut 5 destinasi wisata di Indonesia dengan kualitas udara bagus.

Pulau Weh
 
d 
Sumber: The Asian Parent 
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kota Sabang di Provinsi Aceh punya kualitas udara yang bagus. Grafik kualitas udara tempat ini juga terus berada di level aman dari tahun ke tahun. Sebenarnya Sabang merupakan kota kecil dengan luas hanya 122,1 kilometer persegi.

Salah satu destinasi wisata di Sabang yang udaranya bersih dan sejuk adalah Pulau Weh. Di pulau ini Anda bisa snorkeling dan scuba diving, karena keindahan biota lautnya salah satu yang terindah di Indonesia.

Pulau Gili
 
d 
Sumber: Paket Tour Bali 

Pulau Gili yang ini lokasinya di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, bukan di Lombok. Tapi, Pulau Gili juga memiliki destinasi wisata yang indah dengan kualitas udara yang bagus pula. Beberapa gua di tepi pantai membuat pulau ini kian menarik.

Tingkat polusi atau kandungan karbon dioksida di sini juga cukup rendah sebesar 26,5 persen dan tingkat kebisingannya hanya 36,5 desibel. Pulau Gili dikenal sebagai tempat wisata kesehatan, karena punya kadar oksigen tertinggi nomor dua di dunia setelah Yordania, yakni sebesar 21,5 persen. Menariknya lagi, penduduk pulau ini banyak yang berusia di atas 80 tahun.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunake di Sulawesi Utara patut masuk daftar destinasi wisata dengan kualitas udara yang bagus. Selain pantai yang indah, udara di Bunaken juga sejuk dan bersih, karena lokasinya yang asri dan belum banyak terjamah wisatawan.
Destinasi wisata ini dikelilingi perbukitan dan hutan hijau yang lebat sehingga stok oksigen dari pepohonan menjadikan kawasan Taman Nasional Bunaken tetap terjaga. Apabila tujuan Anda menghirup udara segar sambil melihat pemandangan alam menakjub, Taman Nasional Bunaken adalah tempatnya.

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah bagian dari 30 pulau yang terdapat di Kalimantan Timur. Lokasinya memang sangat terpencil, karena harus menggunakan perahu untuk mencapai Kepulauan Derawan. Tapi karena akses yang sulit itu pula membuat kepulauan ini masih memiliki kualitas udara yang bagus.

Di Kepulauan Derawan Anda dapat menyaksikan keragaman kehidupan laut termasuk lumba-lumba, sekawanan penyu, terumbu karang yang indah, serta ubur-ubur. Jalur pernafasan Anda dipastikan begitu lega saat menghirup udara di Kepulauan Derawan. Tempat ini juga dijuluki Maldives-nya Indonesia.

Pantai Lovina

Lokasi Pantai Lovina yang jauh dari pusat kota, membuat tempat ini begitu asri dan sejuk udaranya. Pantai Lovina berada di Kabupaten Buleleng, Bali, dan dikenal sebagai salah satu pantai yang masih jarang terjamah.

Selain wisata alam yang indah, Pantai Lovina adalah habitat asli lumba-lumba, yang kerap menunjukkan aksi ketika berada di lautan. Pasir Pantai Lovina berwarna hitam, yang menambah daya tarik lain untuk menyambanginya.=

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.