Akhirnya! Pre Event Iconic 2021 Hadir Kembali di November Ini

  • Selasa, 09/11/2021 - 11:13 WIB
Setelah berhasil mengadakan  International Conference on Indonesian Culture pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, kembali mengadakan International Conference on Indonesian Culture (ICONIC) pada tahun 2021. Seperti tahun 2020, rangkaian kegiatan ICONIC, akan dimulai dengan program kegiatan Pre Event yang akan dilangsungkan pada tanggal 5 s.d. 27 November 2021.

ICONIC  2021 ini akan mengangkat tema “Daya Lenting Ekosistem Kebudayaan di Masa Pandemi”, sebagai bentuk merespon dampak pandemi covid-19 terhadap sektor Industri budaya dan kreatif (Culture and Creative Industries atau CCI).  Pada Juni 2021 UNESCO mengeluarkan laporan Cultural and Creative Industries in the face of COVID-19: An Economic Impact Outlook.  Dalam laporan ini disebutkan bahwa sektor CC/Merupakan salah satu sektor yang paling pertama ditutup dan akan menjadi paling akhir dibuka kembali. Sebagai hasilnya, banyak lokasi dan aktifitas, seperti teater, music live, festival, bioskop, dan museum, terkena dampak yang cukup besar. Di seluruh dunia, keberlangsungan hidup para pekerja di sektor yang lain terkena dampak cukup besar dari karantina kewilayahan dan pembatasan sosial dan fisik. Ekosistem kreatif, yang banyak menggunakan para pekerja kreatif lepas dan perusahaan berskala kecil dan menengah juga memperkerjakan Sebagian dari para pekerja tersebut.

Laporan UNESCO juga memberikan gambaran mengenai usaha yang telah dilakukan di berbagai negara untuk mengatasi permasalahan ini. Tanpa meremehkan perbedaan antara kemajuan teknologi digital antara negara, pada akhir laporan ini mengekplorasi cara baru dalam menggunakan teknologi digital yang digunakan para penonton dan para professional di bidang budaya – sebuah inovasi yang mungkin akan jadi bagian permanen sektor CCI di masa mendatang. Adaptasi digital menjadi hal yang kuat dalam industry audio visual, dan semakin memunculkan inovasi di produksi, distribusi dan konsumsi teknologi digital. Di jangka menengah sampai Panjang, tren ini bisa menghasilkan model bisnis yang baru dan mendukung sektor CCI.  Merespon dari laporan UNESCO tersebut, pada bulan Juni 2021, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi melakukan penyusunan Laporan Urgensi Pemulihan Sektor Budaya Indonesia. Laporan ini disusun setelah mengumpulkan data kuesioner Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekosistem Kebudayaan Di Indonesia melalui website https://jejakpandemi.kemdikbud.go.id. Kuesioner ini menyasar 5 segmen yaitu: In Individu/Pelaku Budaya; Museum, Galeri, Ruang Pertunjukan, dan Taman Budaya; Organisasi Profesi; Komunitas Kebudayaan dan Penyelenggara Festival; dan Pemerintah daerah.

Untuk mendukung berlangsungnya kegiatan ICONCI 2021, Pra Eent ICONIC 2021 mengangkat seri cerita pandemi “Jejak Inspirasi Budaya” Tema ini diangkat untuk merespon dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor budaya dan kreatif.  Pandemi membuka mata para pelaku budaya dan industri kreatif untuk beradaptasi dengan digital. Era digital masuk dan mempengaruhi ekosistem kebudayaan dan merombak strategi yang telah disusun tahun-tahun sebelumnya oleh para pelaku budaya, praktisi, organisasi/asosiasi.  Pandemi menjadi cerita yang tidak terlupakan ketika praktisi budaya/budayawan/seniman/komunitas berusaha bertahan memproduksi ide baru (menata ulang) karya dan strategi yang dilakukan sampai pada paradigma dan perubahan pola pikir yang baru. Sesi seri cerita pandemi akan dihadirkan dalam bentuk Podcast Series, Workshop, Kuliah Umum , dan Challenge- Ruang Kreatif Budaya.
Jangan lewatkan Pre Event ICONIC 2021, karena akan menghadirkan narasumber-narasumber menarik yang akan membantu wawasan kalian semua. Kegiatan ini pun tidak di pungut biaya sama sekali. Kalian dapat menambah skill dan inovasi baru dalam bentuk digital yang menjadi salah satu solusi  untuk tetap berkreasi di tengah pandemi. 
Daftarkan dirimu untuk mengikuti seluruh rangkaian pre event ini di iconic.kebudayaan.online. Pra Event ini akan mengangkat 9 program menarik yang sudah disiapkan untuk para penggiat budaya, komunitas budaya, mahasiswa, serta akademisi.  Acara ini pun di dukung oleh pojoksatu.id  sebagai official media partner pre event ICONIC 2021. 

Informasi lebih lanjut:
Sekretariat
Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan
Direktorat Jenderal Kebudayaan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Komplek Kemdikbud, Gedung E Lt.9
Jln. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270
Tel: (021) 5725540 Fax: (021) 5725539

Contact:
Email : iconic@kebudayaan.online / iconic.conference@gmail.com
Whatsapp Only : +6281319360181

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.