Mutasi Covid-19 B.1.1.7 ditemukan di Indonesia, Bagaimana Cara Lindungi Diri Kita?

  • Sabtu, 06/03/2021 - 12:25 WIB
Sobat Souja, mutasi Covid - 19 B.1.1.7 yang berasal dari Inggris telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Varian baru dari virus corona tersebut juga telah ditemukan di beberapa negara lain. Salah satunya adalah Amerika Serikat. Laporan lain yang dirilis oleh kelompok ilmuwan di Inggris menemukan ada kemungkinan infeksi B.1.1.7 dapat mengingkatkan risiko kematian. Menurut Anthony Fauci, MD dari National Institute of Allergy and Infectious Disease, temuan tersebut terbilang mengkhawatirkan. 


Gejalanya Sejauh ini gejala apabila terpapar virus penyebab Covid-19 masih sama, yakni demam, menggigil, sesak napas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, dan sakit kepala. Gejala lainnya yakni kehilangan kemampuan mengenali rasa atau aroma, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau meler, mual, muntah, dan diare. Menurut profesor di University at Buffalo di New York, Thomas Russo, MD, untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus SARS-CoV-2 asli atau mutasi B.1.1.7 harus melalui pemeriksaan laboratorium. Mengingat mutasi virus yang lebih menular, sejumlah ahli merekomendasikan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat agar terlindungi dari paparan virus. 


Masyarakat tetap harus memakai masker, menjaga jarak, menghindari pertemuan besar, dan usahakan sesering mungkin untuk mencuci tangan. Terkait penggunaan masker, ahli menyarankan agar masyarakat memilih masker yang pas di hidung dan mulut.  Selain itu, untuk perlindungan tambahan terutama saat berada di lingkungan yang ramai, gunakan masker ganda. Gunakan masker bedah atau masker KN95 yang dilapisi dengan masker kain di atasnya. Atau bisa juga menambahkan face shield, tetapi masker tetap dipakai.


Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.