Bahan-bahan Herbal yang Dapat Membantu Kesehatan Jantungmu

  • Jumat, 30/04/2021 - 08:49 WIB
Sobat Souja, pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara utama menjaga kesehatan jantung. Beragam obat herbal untuk penyakit jantung juga bisa menjaga kesehatan organ tubuh ini. Makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat seperti minyak zaitun, dan protein tanpa lemak seperti ikan dan ayam, tidak dapat mengalahkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Tetapi cara menyiapkan makanan ini juga membuat perbedaan besar. Berbagai herbal telah terbukti memberi jantungmu dorongan kesehatan tambahan. Berikut beberapa obat herbal untuk penyakit jantung:

1. Kayu manis
cinnamon
source: pexels
 
Studi review 2013 dari 10 studi sebelumnya menemukan bahwa dosis harian dalam jumlah kecil kayu manis menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", dan trigliserida, jenis lemak darah yang berbahaya. Obat herbal ini juga menurunkan gula darah, melindungi dari diabetes, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Kapulaga
kapulaga
source: orami
 
Satu penelitian menemukan bahwa kapulaga, bumbu kuat yang sering ditemukan di masakan India, dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan itu membantu menurunkan risiko pembekuan darah. Mengutip Cleaveland Heart Lab, sobat bisa menggunakan bumbu atau herbal ini ke dalam aneka hidangan makanan yang dibuat.

3. Bawang putih
bawang
source: pexels
 
Bawang putih juga bisa menjadi obat herbal penyakit jantung. Dalam artikel 2016 yang meninjau 20 penelitian sebelumnya, bawang putih terbukti secara signifikan menurunkan tekanan darah. Dan studi review lain yang melibatkan 2.300 orang menunjukkan itu menurunkan kolesterol total dan LDL sebanyak 10 persen pada mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

4. Jahe
ginger
source: pexels
 
Penelitian menunjukkan konsumsi jahe bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Penelitian merekomendasikan 2-4 gram (atau sekitar ½ sendok teh hingga satu sendok teh) sehari untuk mencegah masalah jantung ini.

5. Kurkumin
kurkumin
source: cnnindonesia
 
Zat ini ditemukan dalam kunyit dan memberi bumbu warna kuning yang kaya. Ini menawarkan keuntungan besar bagi jantung, penelitian menunjukkan: mencegah pembekuan darah yang berbahaya, menurunkan kolesterol, dan mengurangi peradangan yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Yuk, perhatikan makananmu agar jantung tetap sehat ya, Sobat!

Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.