Kontrol Emosi di Kantor dengan Cara ini!

  • Minggu, 24/12/2017 - 08:32 WIB
 
Sobat, lingkungan kerja dengan deadline ketat tentu membuat seseorang lebih mudah tersulut emosi. Ketika emosi negatif berlebihan muncul, maka dapat berakibat buruk bagi kehidupan pribadi maupun pekerjaan. Lantas, bagaimana caranya mengontrol emosi di tempat kerja? 


Take a deep breath
 
 
 
Pejamkan mata kamu perlahan dan tarik nafas yang dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Hal ini bisa membuat tubuh kamu menghempaskan energi negatif. Coba deh!


Diam dan tenang
 
 
 
Alih-alih tersulut emosi karena bertukar pendapat dengan rekan kerja, lebih baik kontrol produksi kata-kata dari mulut Sobat Souja. Diam merupakan cara jitu untuk menghindarkan diri dari konflik. Setidaknya, saat hati dan otak kamu bergemuruh, mulut tetap tenang dan terkendali.


Bersikap rasional
 
 
 
Dilansir melalui Intisari Online, emosi negatif atau kemarahan sering terjadi karena pandangan yang tidak objektif dan tidak rasional dalam melihat sebuah situasi. Cobalah untuk tenangkan diri dan berpikir tentang penyebab dari emosi yang buruk. Dengan ini kita dapat menemukan alasan yang tepat dalam menghadapinya secara rasional.


Mendengarkan musik yang menenangkan
 
 
 
Musik memiliki kemampuan untuk menenangkan indera, menenangkan pikiran, dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik. Jadi, segeralah dengarkan music favorit ketika sedang tidak berada dalam emosi negatif.


Memandang situasi dari semua sudut pandang
 
 
 
Ini adalah cara penting untuk mengedalikan emosi buruk. Lihatlah semua masalah dari sudut pandang yang berbeda. Dengan ini, kita akan menemukan penyebab serta kesalahpahaman yang terjadi. Kita juga akan menjadi lebih santai dan dapat berpikir logis.


Beristirahat
 
 
 
Jika memungkinkan, cobalah untuk pergi atau berjalan-jalan sebentar bila suasana hati sedang tidak baik. Cari lingkungan atau situasi yang dapat meningkatkan suasana hati dan menjadikan diri lebih santai. Mengontrol emosi dengan melakukan sesuatu yang tidak penting dapat membantu, seperti melihat burung-burung di langit, mengamati orang-orang di sekitar, dan lainnya.


Selamat mencoba! 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.