Ingin Warna Ikan Cupangmu Semakin Cerah Merona? Coba Beri 7 Makanan ini!

  • Jumat, 05/03/2021 - 10:09 WIB
Sobat Souja, ikan cupang atau Betta Fish semakin populer di Indonesia saat pandemi Covid-19 melanda. Ya, kegemaran memelihara ikan jenis ini tak ubahnya tren menanam tanaman hias. Dua kegemaran ini tentu saja membutuhkan konsistensi serta perawatan yang baik. Pada ikan cupang, semakin mencolok warnanya maka harganya akan semakin mahal. Nah, jika Sobat adalah salah satu pemelihara ikan cupang, maka ada beberapa makanan yang bisa merawat sekaligus membuat warnanya semakin cerah. Apa saja? Simak yuk!


Jentik Nyamuk
Sebagai makanan pokok di habitat aslinya, jentik-jentik nyamuk adalah pilihan makanan ikan cupang yang sangat baik. Biasanya pada musim kemarau, nyamuk lebih aktif berkembang biak dan menghasilkan larva atau jentik nyamuk.


Udang Rebon
Mysis atau disebut juga udang rebon mengandung kaya serat sehingga membantu menyehatkan pencernaan ikan cupang. Melansir Betta Fish, udang rebon memiliki kelebihan dibandingkan udang ikan asin lantaran tinggi kandungan air dan asam amino.


Spirulina
Spirulina dapat meningkatkan kesehatan dan warna pada ikan cupang. Namun karena cupang adalah karnivora, mereka tidak akan memakan pakan ini begitu saja. Beberapa produk yang dijual di pasaran menggunakan spirulina untuk kandungan tambahan sebagai aditif pada pakan beku maupun pelet (fish flakes).


Udang Air Asin
Memberi makan ikan cupang dengan udang air asin atau brine shrimp dapat meningkatkan warna pada ikan cupang. Udang-udangan (krustasea) biasanya kaya akan pigmen karotenoid yang dapat mempertegas corak warna merah dan kuning pada ikan. Selain itu, udang air asin mudah tumbuh dan kuat terhadap penyakit, seperti dikutip Pets The Nest.


Ikan Salmon dan Haring
Makanan alami ikan cupang sebagian besar adalah serangga tetapi kamu juga bisa menambahkan makanan yang mengandung ikan salmon dan ikan haring. Seperti krustasea, makanan ini mengandung banyak karotenoid. Pakan ikan cupang dari bahan ikan salmon dan ikan haring bisa dijumpai di toko hewan peliharaan. 


Cacing Darah
Cacing darah alias bloodworms adalah larva dari lalat pengusir hama. Ini adalah makanan ikan cupang yang tinggal di alam liar. Cacing darah mengandung zat besi tinggi sehingga dapat menghasilkan warna merah cerah pada tubuh ikan. Jika Sobat tidak dapat menemukan cacing darah hidup, beberapa toko hewan peliharaan pun menyediakan cacing ini dalam bentuk gel atau kering.


Lalat Buah
Jenis makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh dan sirip ikan cupang selanjutnya adalah lalat buah. Jenis yang bisa digunakan sebagai pakan adalah lalat buah umum yang biasanya ditemukan pada buah di rumahmu. Ada pula jenis lalat buah yang tidak bersayap dan sangat cocok diberikan kepada ikan cupang. Bahkan kamu sendiri bisa membiakkan lalat buah tersebut dalam wadah kecil untuk pakan cupang.


Sumber: CNN Indonesia



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.