5 Jenis Kue yang Bisa Dibuat dengan Mudah Menggunakan Air Fryer

  • Selasa, 04/05/2021 - 13:48 WIB
Hai, Sobat Souja! Air fryer bukan hanya dapat menghasilkan gorengan yang renyah, melainkan juga bisa dipakai untuk memanggang kue. Namun, tidak semua jenis kue bisa diolah dengan alat dapur yang sedang populer ini. 

Sesekali kita mungkin ingin belajar membuat kue sendiri dengan mencoba berbagai resep makanan yang bertebaran di media sosial. Namun, keinginan ini terhalang keterbatasan alat misalnya oven untuk memanggang. 

Jika ini masalahnya, sebenarnya kita bisa memanfaatkan air fryer. Alasannya karena mekanisme alat ini sebenarnya mirip dengan oven listrik. 

Air fryer memiliki elemen pemanas yang menghasilkan sirkulasi udara panas untuk mematangkan makanan. Proses memasak ini bisa kita manfaatkan untuk memanggang kue dengan beberapa penyesuaian. 

Hanya saja, tidak semua jenis kue bisa dibuat dengan air fryer. Sebelum mulai mempersiapkan bahannya, ada baiknya mengetahui kue apa saja yang cocok dipanggang dengan alat ini. 

Cookies 
 
d 
Sumber: Brotherhood 
 
Kue kering menjadi salah satu panganan favorit selama perayaan Lebaran seperti chocochip soft cookies. Apalagi jenis kue ini juga bisa dibuat dengan mudah dengan air fryer. 

Bahkan, proses memanggangnya bisa lebih cepat dibandingkan menggunakan oven. Namun, kita harus menghindari toping yang mudah meleleh seperti keju agar tidak gosong. 

Selain itu, keranjang air fryer yang dipakai sebagai tempat memanggang harus diolesi mentega atau dialasi dengan alumunium foil atau kertas baking. Tujuannya agar tidak ada kue yang lengket atau remah-remah yang tertinggal. 

Cake dan cupcakes 
 
d
Sumber: Delish.com 
 
Kita bisa membuat dua jenis kue basah ini dengan mudah dan efisien dengan air fryer. Bahkan dua jenis adonan ini tergolong paling mudah dibuat dengan alat ini. 

Pasalnya adonan panganan ini tergolong padat sehingga mudah dipanggang karena bersentuhan langsung dengan elemen pemanas di air fryer.
 
Nantinya kue yang kita buat akan memiliki bagian atas renyah sedangkan bagian dalamnya tetap lembut. Hasil baking seperti ini bahkan agak sulit didapatkan di oven jika dilakukan oleh pemula.
 
Cinnamon Rolls 
 
d 
Sumber: The Spruce Eats 

Banyak yang mengira panganan sedap seperti cinnamon rolls sulit dibuat sehingga lebih memilih membelinya di bakery. 

Padahal kue ini gampang dibuat bahkan dengan air fryer. Kunci suksesnya adalah membagi adonannya dalam potongan kecil dan jangan memanggangnya dalam jumlah terlalu banyak sekaligus. 

Jika ingin lebih praktis, kita bisa membeli adonan frozen yang sudah jadi dan hanya perlu waktu sekitar 10 menit untuk mematangkannya. 

Donat 
 
d 
Sumber: Liputan6.com 

Kita bisa menikmati donat dengan kadar minyak dan kalori yang lebih sedikit menggunakan air fryer. Donat buatan sendiri ini dijamin lebih sehat dan nikmat disantap bersama keluarga di rumah. 

Hanya saja, kita perlu sedikit berkreasi dengan waktu dan suhu yang dipakai untuk mendapatkan hasil akhir yang ideal. 

Selain itu, jangan memasak terlalu banyak donat sekaligus agar hasilnya matang merata. 

Chiffon dan sponge cake 
 
d 
Sumber: Kumparan.com 

Kedua jenis kue ini tergolong agak susah dibuat oleh pemula karena perlu ketelatenan untuk mendapatkan hasil berongga di dalamnya. Pasalnya, adonannya yang cair agak sulit dipanggang dan berisiko gosong tapi tidak matang. 

Namun kita bisa menjajal resepnya dengan lebih mudah dengan alat listrik ini. Pastikan kita menggunakan pan logam yang kokoh. 

Selain itu, gunakan alumunium foil yang sudah dilubangi sedikit untuk menutupi loyang yang berisi adonan. Kemudian panggang adonan tersebut dengan durasi yang diinginkan. 

Setelah matang, lepaskan foil penutup dan panggang ulang kue tersebut selama lima menit untuk mendapatkan permukaan yang halus bagaikan dibuat di oven.

Kalau kamu punya air fryer, yuk coba buat kue-kue di atas!

Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.