Bahaya! Ini Efek Samping Kopi Susu Kekinian

  • Sabtu, 08/05/2021 - 11:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Saat ini tren kopi susu kekinian sangat diminati kaum milenial. Bagaimana tidak, banyak sekali gerai-gerai kopi kekinian yang menjelma seluk beluk perkotaan, di mana pun kita berada pasti ada saja kedai atau kafe yang menjual beragam kopi susu. Minuman manis memang sudah menjadi favorit sebagian banyak orang. Terkadang, banyak yang mengonsumsi kopi susu untuk hanya sekadar sebagai teman minum agar menjadi lebih produktif, terutama bagi kawula muda yang hobinya nongkrong di kedai kopi.

Namun, apakah kamu tahu bahwa kopi susu kekinian yang banyak diperjualbelikan mengandung beragam bahaya? Bagi kamu yang ketergantungan atau sering mengonsumsi minuman ini sebaiknya mulai kamu kurangi. 

Tanpa kamu sadari, kopi juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan lho. Nah, demi menjaga aset kesehatanmu yuk simak sederet bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi kopi susu ini.

1. Meningkatkan Risiko Diabetes
 
d 
Sumber: IDN Times 

Tanpa kita sadari, sebenarnya mengonsumsi kopi terutama pada produk kopi susu yang cenderung manis secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Sehingga ketika kadar gula darah naik, tubuh kesulitan untuk mengelola insulin, terutama bagi penderita diabetes. Ketika kamu terus-terusan mengonsumsi kopi susu kekinian yang banyak dijual, hal itu bisa meningkatkan potensi terjadinya risiko diabetes di usia muda lho. Jadi, cobalah perlahan-lahan mengurangi kecenderunganmu dalam mengonsumsi kopi susu ya.

2. Meningkatkan Risiko Obesitas
 
d 
Sumber: Cari-kosan.com 
 
Selain dapat meningkatkan risiko diabetes, tingginya kadar glukosa dan berbagai jenis lemak yang disuguhkan dalam segelas es kopi susu juga mampu memicu terjadinya obesitas atau kenaikan berat badan secara berlebih pada tubuh. Hal itu disebabkan oleh berbagai tambahan yang dicampur untuk menambah cita rasanya seperti susu, gula, creamer, dan pemanis buatan. Nah, dari sekarang batasi untuk mengonsumsi minuman yang manis-manis terutama es kopi susu kekinian agar kamu terhindar dari risiko obesitas ya.

3. Gangguan Kognitif
 
d 
Sumber: beritagar.id 
 
Bahaya yang bisa saja terjadi jika kamu terlalu ketergantungan terhadap kopi susu adalah mendapat gangguan kognitif. Gangguan kognitif merupakan gangguan dan kondisi yang mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. Apalagi jika kamu seorang wanita, beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari cenderung lebih besar mengalami gangguan penurunan kognitif secara signifikan. Ketika sistem kognitifmu terganggu, nantinya kamu akan kesulitan untuk fokus dan berpikir saat bekerja lho. Yuk, segera hindari!

4. Meningkatkan Penyakit Kardiovaskular
 
 d
Sumber: Wolipop 

Orang-orang yang meminum lebih dari enam cangkir kopi susu dengan kadar kafein tinggi dalam sehari dapat berisiko lebih tinggi dalam mengalami penyakit kardiovaskular sebanyak 22 persen lho. Hal ini sudah dibuktikan dalam hasil penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition. Jadi, untuk menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi kopi susu kekinian yang kita tidak ketahui komposisi sebenarnya.

5. Mengurangi Kadar Kalsium
 
d 
Sumber: Majalah Otten Coffee 

Jangan salah kaprah pada minuman kopi susu lantaran ada embel-embel "susu" di dalamnya sehingga menjadikan minuman tersebut bisa menambah kadar kalsium tubuh ketika diminum. Hal itu berbanding terbalik dengan fakta sebenarnya, karena minuman kopi susu kekinian mampu mengurangi kandungan kalsium hingga 10 persen di dalam susu. Penyebabnya adalah karena banyaknya kadar kalsium yang berkurang pada minuman es kopi susu kekinian ketika diolah, maka jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang maksimal sebaiknya jangan mengonsumsinya yah.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait bahaya dari mengonsumsi kopi kekinian yang banyak menjamur. Sebenarnya masih banyak efek buruk lain yang dapat ditimbulkan dalam mengonsumsi kopi susu secara berlebihan, karena sejatinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. So, minum secukupnya saja ya!

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.