Mengenal Saus Cajun dan Sejarahnya yang Jadi Menu Andalan BTS Meal

  • Jumat, 11/06/2021 - 14:02 WIB
Sobat Souja, jagat maya dihebohkan dengan berita mengenai peluncuran menu salah satu waralaba kondang yang bekerjasama dengan boyband asal Negeri Ginseng, BTS. Menu dengan nama BTS Meal ini begitu diminati hingga menimbulkan antrian membludak di beberapa kota di Indonesia. Harga BTS Meals dijual dengan harga Rp 50.000. Pembeli akan mendapatkan 9 buah nugget ayam, kentang goreng berukuran medium, minuman soda berukuran medium, dan dua buah saus spesial rasa sweet chili dan cajun.


Menu-menu tersebut memang terinspirasi dari makanan favorit BTS. Namun untuk saus cajun dan sweet chili merupakan rasa baru yang jarang ditemukan di Indonesia. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya saus cajun dan bagaiman sejarahnya cajun yang menjadi saus BTS meals? Mengutip CNN Indonesia, bumbu cajun adalah bumbu rempah yang khas dari Lousiana, Amerika yang ternama dengan makanan cajun yang terkenal dengan rasa hangat dan pedasnya yang intens. 


Berawal dari imigran Acadian, yang berakhir di selatan setelah melarikan diri dari Kanada pada abad ke-18. Masakan cajun awalnya terinspirasi oleh masakan pedesaan Prancis, dan dikembangkan oleh kelompok masyarakat yang tinggal di luar negeri, beradaptasi melalui perubahan geografis yang signifikan dan pengaruh budaya yang bervariasi selama berabad-abad. Orang Acadia adalah pemukim Prancis asli yang datang ke Amerika Utara.Mereka berimigrasi ke Kanada pada awal abad ke-17 dan tinggal di tempat yang sekarang dikenal sebagai Provinsi Maritim.


Setelah menetap di daerah selatan Amerika Serikat ini, para petani Acadian sekali lagi mengubah masakan mereka berdasarkan bahan apa yang tersedia bagi mereka. Sepanjang jalan, pengaruh dari penduduk asli Amerika, Afrika-Amerika, dan Spanyol juga masuk ke dalam masakan mereka. Masing-masing dari pengaruh yang beragam ini menjadi faktor dalam membuat masakan Cajun seperti yang dikenal sekarang.


Lalu saus cajun seperti saus BTS meal, rasanya seperti apa?
Bumbu Cajun adalah campuran rempah-rempah yang seharusnya mencakup rasa yang digunakan dalam masakan Cajun yang banyak dilakukan orang pedesaan Louisiana. Seperti banyak campuran rempah-rempah tradisional, bumbu atau saus Cajun tidak memiliki takaran resep yang pasti. Bahan-bahannya dapat bervariasi dari hanya beberapa hingga sekitar selusin bahan utama. 


Sebagian besar campuran yang sudah jadi akan mengandung garam. Beberapa campuran mungkin lebih pedas daripada yang lain tetapi fokus dalam semua kasus adalah pada catatan umami yang gurih. Bumbu cajun biasanya akan mencakup paprika, bawang merah, dan garam bersama dengan lada putih. Beberapa campuran mungkin juga termasuk cabai rawit, dan kunyit, bersama dengan rempah-rempah seperti oregano dan thyme. Lantas, sudahkah Sobat mencoba BTS Meals? 


Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.