Makan Kalap Saat Tahun Baru Bikin Kolesterol Naik? Turunkan dengan 5 Makanan Ini

  • Sabtu, 15/01/2022 - 09:10 WIB
Hai, Sobat Souja! Saat perayaan tahun baru, kita kerap disuguhkan dengan berbagai makanan tinggi lemak yang bisa membuat kolesterol naik. Mulai dari steak, daging burger, hingga seafood. Makanan tersebut memang selalu berhasil menggugah selera, bahkan membuat kita makin lahap. Tapi tanpa disadari, makanan tersebut menyebabkan kolesterol melonjak.

Diketahui, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) yang berasal dari metabolisme lemak. Tubuh memang membutuhkan kolesterol baik untuk menunjang kesehatan. Namun, kolesterol jahat akan berakibat buruk bila jumlah yang tersimpan terlampau tinggi.

Untuk mencegah kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh, kamu bisa mencoba mengonsumsi sejumlah makanan sehat yang memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Penasaran? Mengutip Healthline, berikut 5 makanan yang bantu turunkan kolesterol:

1. Kacang-kacangan

Makanan pertama yang akan membantumu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, adalah kacang-kacangan. Makanan yang kerap jadi camilan ini kaya serat, mineral, dan protein. Dengan mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan dengan kacang-kacangan dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung yang kerap diakibatkan oleh tingginya kolesterol dalam tubuh.

Sebuah studi dalam Canadian Medical Association Journal menunjukkan, makan setengah cangkir (100 gram) kacang-kacangan per hari terbukti mampu menurunkan kolesterol LDL ‘jahat’ dengan rata-rata 6,6 mg/dl.

2. Alpukat

Buah gurih satu ini merupakan sumber serat dan lemak tak jenuh tunggal; yang mana dua nutrisi ini bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL ‘baik’.

Menurut Journal of the American Heart Association, orang dewasa yang kelebihan berat badan dengan LDL tinggi dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari; telah terbukti kadar LDL-nya lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

3. Ikan berlemak

Meski ikan ini mengandung lemak, namun jenis yang terkandung merupakan lemak sehat. Bahkan, makanan ikan berlemak seperti salmon dan makarel, mampu membantu meningkatkan kolesterol baik karena merupakan sumber asam lemak omega-3. Kandungan ini telah dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko peradangan serta stroke.

Dalam satu penelitian besar yang diterbitkan European Journal of Nutrition; yang dilakukan selama 25 tahun pada orang dewasa, menyebutkan mereka yang paling banyak makan ikan (tidak digoreng) memiliki kemungkinan paling kecil untuk mengembangkan sindrom metabolik. Sekelompok gejala yang mencakup tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol baik yang rendah.

4. Cokelat hitam

Tak hanya lezat, cokelat hitam juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ya, makanan yang memiliki bahan utama berupa kakao ini telah terbukti ampuh untuk atasi kolesterol. Hal ini pun telah dibuktikan pada penelitian European Journal of Clinical Nutrition.

Tak hanya itu, menurut The American Journal of Clinical Nutrition, kakao dan cokelat hitam juga memiliki kemungkinan melindungi kolesterol LDL ‘jahat’ dalam darah dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

5. Bawang putih

Dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional penurun kolesterol, lho. Bawang putih mengandung senyawa allicin, sebagai kandungan aktif utama. Senyawa inilah yang memberikan manfaat membantu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Studi dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan, bawang putih dinilai mampu menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan kolesterol jahat.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.